Warga Nagari Kuranji Hulu Goro Bersihkan Material Longsor

Kontributor Zukra Lidian

Nagari Kuranji Hulu

HARIANHALUAN.ID – Masyarakat Nagari Kuranji Hulu menggelar kegiatan gotong royong membersihkan jalan akibat longsor dekat Masjid Jami’ak, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Senin (27/2/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Wali Nagari Kuranji Hulu, Salman Hardani Dt Rajo Harimau dan Sekretaris Nagari Depit Suhendra, serta perangkat Nagari Kuranji Hulu. Tak lupa pula partisipasinya tokoh rantau yang turut menghadiri gotong royong tersebut, Rudi Hartono (Edi Wahab) dan pemuka adat, alim ulama, cadiak pandai beserta warga setempat.

Salman Hardani mengatakan, pada kegiatan ini melakukan pembersihan jalan akibat longsor di sisi jalan, sehingga akses jalan terutama dari arah Kampung Dadok dan sebaliknya tertimbun oleh material tumpukkan tanah dan batu. Apalagi kegiatan ibadah salat Jumat yang dilaksanakan di Mesjid Jami’ak.

Ia menyebutkan, diketahui jalan titik lokasi longsor berada di antara Korong Balai satu, Korong Simpang Tanjung Alai, dan Korong Kapalo Padang. Jadi, kesannya agak unik titik lokasi longsor di apit tiga korong.

“Kegiatan gotong royong ini mendapat respon positif oleh warga setempat. Terbukti, banyak yang ikut dalam kegiatan ini dan mereka terlihat antusias membersihkan bekas longsor dari sisi jalan,” ucapnya.

Esensi gotong royong, kata Salman, merupakan salah satu bentuk prinsip kerja sama, saling membantu tanpa mengharapkan imbalan langsung yang diterimanya dan hasilnya untuk kepentingan bersama atau kepentingan umum. (*)

Exit mobile version