Nagari Balai Panjang Laksanakan Crash Program Polio Nasional Serentak

Kontributor Giani C Armani

Nagari Balai Panjang

HARIANHALUAN.ID – Pemerintahan Nagari Balai Panjang bersama Puskesmas Pakan Rabaa melaksanakan Crash Program Polio Nasional Serentak di Gedung Serba Guna Jorong Tampung Kodok, Nagari Balai Panjang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota, Senin (6/3/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo beserta Ketua PKK Kabupaten Lima Puluh Kota, dan dihadiri juga oleh Wali Nagari Balai Panjang, Idris, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat dalam hal ini diwakili Kasi Kesga dan gizi Neneng Susanti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota, kepala OPD beserta jajaran, Camat Kecamatan Lareh Sago Halaban, Wahyu Marmora Samry dan juga semua kader-kader yang ada di Nagari Balai Panjang.

Kegiatan ini diikuti seluruh masyarakat yang memiliki balita usia 0-59 bulan. Tujuan imunisasi ini untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit polio secara dini dan mewujudkan Kabupaten Lima Puluh Kota yang sehat dan Provinsi Sumatra Barat yang unggul, madani dan berkelanjutan.

“Besar harapan kegiatan ini mencapai target yang telah ditetapkan yaitu 95 persen dari jumlah anak yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Rentang waktu kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai dengan 11 Maret 2023,” kata Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

Ia mengatakan, pelaksanaan Crash Program Polio Nasional Serentak ini dilatarbelakangi oleh kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) yang terjadi di Provinsi Aceh. Karena polio ini merupakan kasus yang cepat menyebar dan menyebabkan cacat permanen pada anak.

“Atas kesadaran pentingnya imunisasi polio ini, maka dilakukan kegiatan Crash Program Polio. Semoga dengan imunisasi ini Kabupaten Lima Puluh Kota bebas polio,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Lima Puluh Kota beserta Ketua PKK didampingi tenaga kesehatan dari Puskesmas Pakan Rabaa secara langsung memberikan imunisasi polio kepada bayi yang ada di Jorong Tampung Kodok. (*)

Exit mobile version