Studi Tiru ke Desa Sikapak Timur, Wali Nagari Pasia Laweh: Kagum dengan Stadion Mini, Dibangun Hanya Gunakan Dana Desa

Kontributor Amy Wasdy

Desa Sikapak Timur

HARIANHALUAN.ID – Kepala Desa beserta Perangkat Sikapak Timur, Kota Pariaman, menerima kunjungan dari Pemerintah Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Rabu (8/3/2023).

Kunjungan berjumlah 70 orang yang dipimpin Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin yang lebih dikenal dengan Datuak Parpatiah, terdiri dari perangkat Nagari Pasia Laweh, lembaga nagari, beserta Gabungan Ojek Kenagarian Pasia Laweh yang lebih dikenal dengan GOKAP.

Kunjungan ini merupakan studi tiru dalam rangka pemantapan program di Nagari Pasia Laweh, sekaligus dalam pemberdayaan masyarakat nagari di bidang UMKM, pertanian, peternakan, budidaya perikanan pola air tawar dan bidang olahraga berupa pembangunan Lapangan Sepak Bola Stadion Mini Sikapak Timur (Persikatim).

Untuk itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Sikapak Timur membagi beberapa kelompok rombongan untuk mengunjugi tempat peternakan ayam, serta ikan kolam air tawar langsung didampingi Kepala Dusun Sikapak Timur.

Kepala Desa Sikapak Timur, Syawirman mengatakan, pihaknya dari Pemerintah Desa Sikapak Timur mengucapkan terima kasih atas kunjungan studi tiru dari Pemerintahan Nagari Pasia Laweh.

“Semoga ini menjadi awal dari silaturahmi kita, yang hendaknya bisa berkelanjutan,” ucap Syawirman.

Syawirman memaparkan program-program Pemerintahan Desa Sikapak Timur yang sudah dijalani dan penjelasan tentang pembangunan lapangan sepak bola, dengan menggunakan dana desa secara bertahap dari tahun 2017 sampai dengan 2021 hingga cara perawatannya.

Kemudian kades juga menyampaikan bahwa pihaknya juga masih banyak kekurangan dan juga ingin belajar dari Nagari Pasia Laweh, yang sudah tidak diragukan lagi dalam program kinerjanya.

Selain itu, Ketua UP2K PKK Sikapak Timur, Rahmi Wasdi memaparkan produk unggulan UMKM yang dibuat langsung oleh PKK Desa Sikapak Timur, yaitu Minuman Kujare Manjah, dari proses pembuatan hingga cara pemasarannya.

Sementara itu, Wali Nagari Pasia Laweh, Zul Arfin mengatakan, pihaknya sangat kagum dan mengapresiasikan pembangunan lapangan bola mini ini dengan menggunakan dana desa. “Menggunakan dana desa, bisa membuat lapangan sebagus ini dan terawat dengan baik,” ucapnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas sambutan baik dari Kades dan Perangkat Desa Sikapak Timur. Dan juga mengajak Pemerintah Desa Sikapak Timur untuk berkunjung silaturahmi ke Nagari Pasia Laweh,” tuturnya. (*)

Exit mobile version