Wali Nagari Tabek Cek Harga Pangan di Pasar Pinang Makmur

Nagari Tabek

Wali Nagari Tabek bersama rombongan saat melakukan intruksi mendadak di Pasar Tabek. Badri

HARIANHALUAN.ID – Wali Nagari Tabek, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya, mengadakan inspeksi mendadak ke Pasar Pinang Makmur, Jumat (17/3/2023). Hal ini dilakukan, dikarenakan menjelang Ramadan biasanya bahan pangan mengalami kenaikan harga yang signifikan.

Pada kegiatan tersebut selain Wali Nagari Tabek, Harmanto juga ikut Camat Timpeh, Bhabinkamtibmas Nagari Tabek, Ketua Bamus Nagari Tabek, LPM Nagari Tabek, kepala jorong se-Kenagarian Tabek, dan Direktur BUMNag Sumur Bidadari.

Pada kesempatan itu, Harmanto ditemani oleh Camat Timpeh, Rizki Rulien dan rombongan dimulai dengan mendatangi kantor Pasar Pinang Makmur yang berada di Kompleks Pasar Pinang Makmur tersebut.

Wali Nagari Tabek mengatakan, ia bersama rombongan menanyakan semua administrasi pasar, seperti buku besar yang isinya adalah data para penjual di pasar tersebut. Kemudian memeriksa karcis retribusi dan parkir.

“Alhamdulillah, administrasi sudah bagus dan kekurangan tolong dibuat struktur pengurus pasar sesuai SK yang sudah dibuat, sehingga Kantor Pasar Pinang Makmur terlihat sangat profesional,” ucap Harmanto.

Selanjutnya, Wali Nagari Tabek, Harmanto bersama rombongan menanyakan kepada pedagang mulai pedagang sembilan bahan pokok, sayuran hingga pedagang ayam dan ikan.

Sementara Camat Timpeh juga memberikan arahan kepada pedagang agar jangan menimbun barang, sehingga menyebabkan kelangkaan barang. “Nah jikalau barang sudah langka, maka harga barang akan melonjak. Itu yang biasa dilakukan oleh pedagang nakal,” ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, harga barang di Pasar Pinang Makmur relatif stabil, antara pedagang satu dengan pedagang dua dan tiga tidak mengalami perbedaan harga yang signifikan. Seperti harga ayam ras di pedagang satu ekornya Rp50.000, sementara di pedagang dua harga satu ekornya Rp52.000.

Kemudian harga minyak goreng di pedagang satu harga Rp16.000/kg dan di pedagang dua pun harganya sama Rp16.000/kg. Begitupun dengan harga susu, sayuran dan komoditi lainnya tidak mengalami kenaikan harga yang tinggi, dipastikan harga barang di Pasar Pinang Makmur stabil. (*)

Exit mobile version