Banjir Bandang Terjang 4 Rumah Serta Lahan Pertanian Warga di Nagari Surian Solok

KONTRIBUTOR HN7 - YUSRI

HARIANHALUAN.id – Hujan deras yang terjadi lebih kurang 1 jam pada Selasa 21 Maret 2023 di Nagari Surian mengakibatkan terjadinya banjir bandang di Sungai Batang Limau Hantu di Jorong Dalam Koto dan Jorong Ladang Padi Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok.

Banjir bandang yang terjadi pada pukul 15.45 Wib. Mengakibatkan banyak kerugian, 4 buah rumah warga rusak berat akibat di terjang banjir bandang tersebut, 3 kendaraan bermotor, hewan ternak serta lahan pertanian masyarakat.

Sarana umum tidak luput dari hantaman banjir bandang ini, dua buah sarana ibadah, saluran irigasi, dan satu buah jembatan hanyut terbawa arus sungai.

Untuk antisipasi pertama, Pemerintah Nagari Surian di bawah kepemimpinan Wali Nagari Yusri, mengungsikan warga tersebut ke rumah famili terdekat dan menyalurkan bantuan berupa sembako bagi keluarga yang terkena bencana. Bersama Camat Pantai Cermin Acil Fasra yang tergabung dalam forkopincam, Pemda kabupaten Solok di bawah kepemimpinan Bupati Solok langsung menurunkan tim terpadu malam ini yang terdiri dari Dinas Sosial dan BPBD, untuk mendirikan dapur umum dan tenda darurat.

Sampai berita ini di turunkan seluruh tim terpadu kecamatan dan nagari surian yang terdiri dari perangkat dan jorong stanby di lokasi kejadian untuk berjaga-jaga. (*)

Exit mobile version