BUMNag Ranah Salingka Bidik Produsen Pengolahan Kelapa Sebagai Sumber Pendapatan Nagari Kuranji Hulu

KONTRIBUTOR HN5 - ZUKRA LIDIAN

HARIANHALUAN.id – Menindaklanjuti hasil seleksi BUMNAG Salingka nagari yang telah di selesaikan di nagari Kuranji Hulu telah melakukan pemilihan secara langsung oleh Wali Nagari Kuranji hulu Salman Hardani ST. Datuak Rajo Harimau. Pemilihan di hadiri oleh Camat Sungai Geringging diwakili Syofyan. Spd selaku Kasi Pemerintahan, Pengawas PD Kecamatan Irza Fitrah, Bamus se Kuranji Hulu, Wali Korong dan tokoh masyarakat khususnya Niniak Mamak, Cadiak Pandai, dan Pemuda setempat.

Hasil tahapan seleksi pengurus Bumnag Ranah Salingka sebelumnya telah melahirkan calon kandidat tunggal yaitu Eki Afdinal sebagai Direktur BUMNag Ranah Salingka. Setelah dilaksanakan proses penilaian yang diputuskan melalui rapat di kantor Nagari Kuranji Hulu Rabu (21/03/2023) mulai pukul 09:00 Wib.

Di sela sela Waktu Syofyan. Spd mengatakan, BUMNag itu sendiri bisa mengasilkan asalkan ada kolaborasi antara masyarakat dan pengurus BUMNag serta tidak lepas dari pantauan ruang lingkup Kuranji Hulu sebagai pengendali.

Pendirian BUMNag ini merupakan suatu bentuk antisipasi bagi pemerintah untuk membiayai pemerintah Desa/Nagari ke depannya. Sebab, mungkin saja pada suatu waktu dana Nagari bisa saja di kurangi dan bahkan mungkin bisa juga di tiadakan oleh Pemerintah, maka Nagari tidak bergantung pula kepada Pemerintah untuk membiayai kegiatan pembangunan Nagari.

Senada dengan Direktur Bumnag Ranah Salingka terpilih, Eki Afdinal menyampaikan kedepannya bekerja sama dengan warga tentang pengolahan kelapa. Kebetulan Nagari Kuranji Hulu salah satu penyumbang komoditas perkebunan kelapa terbesar di Kabupaten Padang Pariaman.

“Kita berharap pengurus BUMNag Ranah Salingka yang baru terpilih ini bisa dapat memajukan BUMNag di Nagari Kuranji hulu berkembang dan bisa mendatangkan PAD di Kuranji Hulu,” pungkas Wali Nagari Kuranji Hulu Salman Hardani ST. Datuak Rajo Harimau.

Dia berharap, kedepannya mengali potensi Bumnag dalam rangka meningkatkan akses partisipasi kontrol dan manfaat bagi Nagari. (*)

Exit mobile version