Pentingnya Media Publikasi, Nagari Lareh Nan Panjang Selatan Perkuat Kerja Sama dengan Harian Haluan

Kontributor Desi Rani Putri

Nagari Lareh nan Panjang Selatan

HARIANHALUAN.ID – Pimpinan Harianhaluan.id diwakili Managemen Bisnis dan Digital David Ramadian berkunjung ke Kantor Wali Nagari Lareh Panjang Selatan, Selasa (4/4/2023). Kunjungan ini sebagai tindaklanjut kerja sama antar Nagari Lareh Nan Panjang Selatan dengan Harian Haluan.

Sebelumnya nagari ini telah mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Harian Haluan. Tujuan diadakan pelatihan jurnalistik ini memberikan ilmu kepada perangkat nagari tentang ilmu jurnalistik, sehingga perangkat nagari memiliki kemampuan menulis berita yang baik. Setelah melakukan pelatihan jurnalistik, dilanjutkan dengan kerja sama nagari dengan Harian Haluan.

Penting bagi setiap desa maupun nagari untuk memiliki media publikasi, sebagai bentuk transparansi dalam menjalankan pemerintahan nagari, juga sebagai media untuk menyebarkan informasi dan juga bisa untuk promosi potensi yang dimiliki oleh masing-masing nagari.

Sadar akan pentingnya media publikasi inilah, salah satu alasan Wali Nagari Lareh Nan Panjang Selatan memperkuat kerja sama dengan Harian Haluan. Hal tersebut diungkap Wali Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, Zainal.

“Saya sering ikut pelatihan-petilahan dan banyak bertemu dengan kepala desa/nagari daerah lainnya. Di sana kita saling bertukar cerita dan rupanya potensi yang dimiliki daerah lain tidak kalah menarik dengan potensi yang dimiliki oleh nagari kita sendiri. Bedanya, mereka memiliki media untuk promosi, sedangkan  kita belum memaksimalkan media yang ada. Oleh karena itu, kita melakukan kerja sama dengan Harian Haluan, mengingat Harian Haluan merupakan salah satu media informasi yang besar di Sumbar. Selain itu, kita juga memperkuat media yang ada, seperti website nagari dan media sosial nagari. Selain itu, kita menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang semuanya serba digital, orang luar maupun daerah lain bisa mengetahui tantang kita, kalau kita memiliki media,” ucap Zainal.

Wali nagari berharap atas kerja sama ini, yaitu masyarakat lebih mengetahui kabar terkini tentang kegiatan-kegiatan yang ada di nagari. Selain itu, dengan adanya media dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, karena melalui media bisa melakukan promosi tentang potensi yang dimiliki nagari, baik berupa wisata maupun makanan khas nagari.

Untuk Nagari Lareh Nan Panjang Selatan sendiri, memiliki banyak potensi khususnya dibidang perekonomian, seperti memiliki kebun jambu biji merah, kebun jagung, budidaya jamur tiram dan hasil perkebunan lainnya.

Selain itu, Nagari Lareh Nan Panjang Selatan juga memiliki produksi olahan makanan, seperti kue ladu, kembang loyang, kue galuang, rimuak dan kerupuk rakik dan masih banyak produksi olahan makanan lainnya. (*)

Exit mobile version