Kuatkan Raso Badunsanak, Payuang Panji Suku Koto Sadunia Gelar Buka Puasa Bersama

Kontributor Syaiful Putra

Kecamatan VII Koto

HARIANHALUAN.ID – Payuang Panji Suku Koto Sadunia (PPSKS) Padang Pariaman menggelar buka bersama di Kecamtan VII Koto, pada Sabtu (8/4/2023).

Ketau Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPSKS Padang Pariaman, Syafrizal Arafah mengatakan, pembentukan Payuang Panji Suku Koto Sadunia ini merupakan hasil dari kesepakatan para ninik mamak suku Koto, untuk memayungi atau untuk menjadi wadah bersatunya kelompok-kelompok suku Koto yang telah ada sebelumnya.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan raso badunsanak, serta menguatkan ukhuwah Islamiyah, sehingga terwujud sanak kemanakan yang berakhlakul karimah dalam tatanan filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK),” ujarnya.

Senada dengan itu, Penasehat DPD PPSKS Padang Pariaman, Ali Safar Rang Kayo Rajo Luanso menyampaikan, kehadiran Payuang Panji Suku Koto Sadunia ini sebagai panjapuik nan tatingga atau pangumpuaan nan taserak.

“Sebab, selama ini banyak di antara kita para suku Koto ini yang satu kerjaan, satu kampus, satu intansi dan lain-lainya, tetapi tidak tahu kalau badunsanak. Dengan wadah inilah dibangkitkan raso badunsanak tersebut, sehingga kita akan sasakik sasanang, sa-aduah sapanangguangan. Kita akan saling memperhatikan keadaan dunsanak kita,” ucapnya.

Sekretaris DPD PPSKS Padang Pariaman, Rapini Datuak Rangkayo Sati mengatakan, kegiatan buka puasa bersama ini dihadiri oleh perwakilan suku Koto dari berbagai daerah di Padang Pariaman dan dihadiri berbagai unsur, serta kalangan, seperti dari ninik mamak, bundo kanduang, dari pemerintahan, anggota DPRD, para wali nagari bersuku Koto, para pemuda dan lainnya.

“kegiatan ini juga sekaligus untuk mempersiapkan pertemuan akbar seluruh suku Koto ranah dan rantau pada Lebaran Idulfitri nantinya,” tuturnya. (*)

Exit mobile version