Pemerintah Nagari Sungai Aua Gelar Buka Bersama dan Kunjungan Pertama Safari Ramadan

Kontributor NSA

Nagari Sungai Aua

HARIANHALUAN.ID – Acara safari Ramadan yang dilaksanakan pada dua tempat ini menjadi hal unik pada pelaksanaan buka bersama yang dilakukan oleh Pemerintah Nagari Sungai Aua di lokasi budidaya ikan Nila Kelompok Tani Kumpulan I, Sabtu (8/4/2023).

Pemilihan tempat lokasi buka bersama ini bertujuan untuk mengenalkan keberhasilan dari program ketahanan pangan Pemerintah Nagari Sungai Aua dan hasil budidaya ikan nila dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama, sehingga meminimalisir biaya yang dikeluarkan pada pelaksanaan buka bersama.

Pada pelaksanaan acara tersebut dihadiri oleh Pj. Wali Nagari Sungai Aua, Mohammad Zenni, Ketua Bamus Yosef Abrar, perangkat nagari, anggota bamus, pj. wali nagari defenitif beserta staf, seluruh kepala jorong se-Nagari Sungai Aua, anggota Kelompok Tani Kumpulan I, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat yang hadir pada acara buka bersama.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Nagari Sungai Aua, Mohammad Zenni menyampaikan, kegiatan buka bersama ini menjadi acara pembubaran panitia pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan kemarin, yaitu kegiatan panen raya budidaya ikan nila.

PJ. Wali Nagari Sungai Aua juga menyampaikan permintaan maaf, apabila ada hal-hal yang tidak berkenan di hati saat masih bergabung dalam Nagari Sungai Aua sebelum adanya pemekaran menjadi nagari defenitif.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bamus Yosef Abrar Sangat mengapresiasi Pj. Wali Nagari Sungai Aua dan tuan rumah sudah merangkai acara ini sedemikian rupa, yang merupakan kesan pertama melaksanakan buka bersama di lapangan terbuka.

“Semoga silaturahmi ini tetap terjalin kedepannya, walaupun sudah ada pemekaran nagari defenitif. Mudah-mudahan kebersamaan ini dapat kita kenang hingga anak cucu kita nantinya,” katanya.

Setelah kegiatan buka bersama ini dilanjutkan dengan giat safari Ramadan Pemerintah Nagari Sungai Aua di Musala Darussalam Kaledek, Jorong Bukit Harapan. Pada momen itu, Pj. wali nagari menyampaikan maksud kedatangan Tim Safari Ramadan (TSR) Nagari Sungai Aua adalah untuk menjalin silaturahmi dengan warga Jorong Bukit Harapan.

Pada kesempatan yang sama, Mohammad Zenni merasa bangga, karena secara umum aktivitas kegamaan di Jorong Bukit Harapan ini cukup baik. “Apabila suatu negeri itu masih ada kegiatan keagamaan, Insyaallah daerah tersebut akan dilindungi oleh Allah SWT,” ucapnya.

Mohammad Zenni juga menyampaikan program unggulan pemerintah nagari, yaitu program Magrib mengaji, tahfiz Al-Qur’an, program TPA/TPSA yang dimaksudkan untuk anak-anak yang ingin belajar tilawah dan tartil Al-Qur’an di Masjid Raya Koto Dalam, program UHC (berobat gratis) yang sudah dianggarkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, dengan hanya membawa KK dan KTP, pembangunan posyandu yang sudah tua yang ada di Jorong Bukit Harapan, dan pembukaan Kampus II MAN 2 Pasaman Barat di Nagari Sungai Aua.

Pada akhir arahan, Pj. Wali Nagari Sungai Aua menyampaikan mudah-mudahan semua program yang ada dapat bermanfaat untuk semua masyarakat dan pemerintah nagari siap menerima masukkan dari masyarakat, yang sifatnya membangun dan bermanfaat untuk sesama.

Kegiatan safari Ramadan ini ditutup dengan pemberian bingkisan dari Pemerintah Nagari Sungai Aua kepada pengurus Musala Darussalam Kaledek, Jorong Bukit Harapan. (*)

Exit mobile version