Literasi Kader Digital Nagari Kuranji Hulu Bersosialisasi dengan Masyarakat

Kontributor Zukra

Nagari Kuranji Hulu

HARIANHALUAN.ID – Kader Digital Nagari Kuranji Hulu berkolaborasi dengan Kelompok Tani Pokdakan Hikmah Palanta yang berada di Duku Paik, Korong Tanjuang Alai Timur, Sabtu (8/4/2023).

Kader digital yang bernama Irvan Ramahdana ini mengikuti kegiatan pelatihan selama 10 hari di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia dari utusan nagari. Sebagai kader digital, diajarkan cara penerapan atau pengembangan desa cesa, pilar dan cerdas.

Ketua Kelompok Tani Pokdakan Hikmah Palanta, Eki Afdinal menyatakan sangat setuju dengan semangat juang anak muda sekarang dan dibarengi dengan adanya pelatihan-pelatihan di kementerian. Setelah ilmu yang didapat dari pelatihan tersebut, langsung berkontribusi dengan masyarakat desa cerdas.

Wali Nagari Kuranji Hulu, Salman Hardani St Datuak Rajo Harimau saat temui di ruang kerjanya menjelaskan betapa pentingnya suatu desa/nagari hadirnya digitalisasi saat sekarang ini.

Hal ini untuk mendukung kinerja dan mencangkup seluruh aspek-aspek yang berhubungan di nagari, contohnya internet/wifi. “Dengan rekrutan kader digital berharap dapat mewujudkan pembangunan program desa/nagari dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam nagari tersebut,” ucapnya.

Perlu diketahui, desa cerdas merupakan program yang bekaitan dengan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis, data mikrodan pelayanan kepada masyarakat, serta pihak lain berbasis digital. Ada enam prinsip desa cerdas, yaitu bottom up, partisipatif, inklusif, inovatik, kolaboratif dan kerkelanjutkan. (*)

Exit mobile version