TSR Nagari Campago Kunjungi Masjid Nurul Hidayah Korong Ajuang

Kontributor ZH KT

Nagari Campago

HARIANHALUAN.ID – Nagari Campago mengunjungi Masjid Nurul Hidayah, Korong Ajuang, dalam rangka Kegiatan safari Ramadan, Rabu (12/4/2023).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Wali Nagari Campago, dalam merajut tali silaturahmi antara Pemerintah Nagari Campago dengan masyarakatnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di korong-korong yang belum tersentuh dengan safari Ramadan dari pokir anggota DPRD dan kegiatan safari Ramadan kabupaten, serta provinsi.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat V Koto Kampung Dalam, Wali Nagari Campago, wakil ketua bamus, ketua LPM, sekretaris nagari, wali korong se-Nagari Campago, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan seluruh tokoh masyarakat Korong Ajuang.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Wali Nagari Campago, serta sambutan dari Camat V Koto Kampung Dalam dan ditutup dengan uraian ceramah oleh ustad yang sengaja diundang dalam kegiatan tersebut. Kegiatan Ramadan ini bertepatan dengan peringatan Nuzul Qur’an di masjid tersebut.

Wali Nagari Campago, Zulhadi menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan tujuan dari pelaksanaan safari Ramadan tersebut dan beberapa pesan berkaitan dengan kegiatan dalam bulan Ramadan, yang pertama tingkah laku remaja yang meresahkan masyarakat.

Wali nagari mengimbau kepada seluruh orang tua agar selalu memonitor dan mengontrol aktivitas dari anaknya. Kemudian para orang tua harus senantiasa selalu memproteksi anak-anaknya dari pengaruh yang tidak baik, seperti narkoba dan tawuran.

Kedua, berkaitan dengan meningkatkan kewaspadaan dalam meninggalkan rumah sewaktu bepergian ke masjid. Jangan sampai masyarakat dirugikan dengan kemalingan. Kemudian juga selalu harus waspada kepada hal-hal yang mengakibatkan musibah, seperti kebakaran karena kelalaian dalam meninggalkan rumah dan lainnya.

Ketiga, mengajak dan mengimbau masyarakat yang ingin membayar zakat fitrah agar bayarkanlah kepada lembaga resmi yang dibentuk oleh Baznas Padang Pariaman di nagari, yaitu UPZ Nagari Campago.

Sementara Camat V Koto Kampung Dalam, Firman Suheri dalam sambutannya menyampaikan kepada masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup rukun bertetangga, saling sapa, saling menghargai satu sama lainnya dan yang paling penting sekali jalin komunikasi yang baik dengan tetangga dan jalin silaturahmi yang baik, sehingga tidak terjadi sifat acuh tak acuh dengan tetangga.

“Seperti ketika terjadi musibah dengan tetangga, karena hubungan kita kurang baik sebelumnya, sehingga tetangga kita hanya mendengar dan membiarkan saja yang terjadi pada kita. Jadi, mari kita terapkan kembali pola hidup rukun dan damai bertetangga, sehingga terjalin kehidupan yang ramah, penuh cinta damai dan aman,” ucapnya.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan bantuan berupa uang tunai kepada pengurus dari wali nagari beserta tim didampingi oleh Camat V Koto Kampung Dalam. (*)

Exit mobile version