Pemuda Ampalu Tinggi Bagi-Bagi THR Pada Anak Yatim

Kontributor Desi Rani Putri

HARIANHALUAN.ID – Pemuda Ampalu Tinggi, Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, mengadakan pembagian THR kepada anak yatim yang ada di Korong Ampalu Tinggi, Korong Ampalu Tinggi Kalampaian, dan Korong Ampalu Tinggi Tarok.

Acara pembagian THR ini dilakukan di Masjid Kalampaian, Korong Ampalu Tinggi, pada Rabu (19/4/2023). Pada kegiatan itu sebanyak 42 anak yatim yang mendapatkan THR.

Untuk kriteria anak yatim yang menerima THR maksimal kelas 3 SMA dan belum bekerja. Pada acara tersebut juga diadakan berbuka bersama, yang dihadiri Wali Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, perangkat nagari, bamus nagari, alim ulama, pemuda, ibu dari masing-masing anak yang menerima THR, masyarakat sekitar dan perantau yang telah pulang.

Wali Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, Zainal menyampaikan apresiasi kepada pemuda Ampalu Tinggi atas kerja sama yang solid, sehingga bisa mengadakan acara ini yang ketiga kalinya dan berharap ini menjadi agenda rutin setiap menjelang Lebaran Hari Raya Idulfitri.

“Pembagian THR dimulai sejak tahun 2020. Pemuda Ampalu Tinggi juga berharap ini akan menjadi agenda rutin menjelang Hari Raya Idulfitri. Menariknya, sumber dana THR untuk anak yatim berasal dari kolektif masyarakat di kampung dan masyarakat di rantau,” ujarnya.

Selain itu, kata Zainal, yang menjadi panitia dalam acara tidak mengambil keuntungan dalam acara tersebut. Dikarenakan acara ini bertujuan untuk membantu perekonomian anak yatim menjelang Lebaran, mengingat ketika memasuki Lebaran banyaknya pengeluaran dan juga untuk memperkuat silaturahmi antar masyarakat.

Ia mengatakan, untuk panitia acara sendiri berasal dari para pemuda tiga korong (Ampalu Tinggi Kalampaian, Ampalu Tinggi, dan Ampalu Tinggi Tarok). Hal ini dikarenakan sebelum dilakukan pemekaran nagari, dahulunya tiga korong ini berasal dari Korong Ampalu Tinggi.

“Setelah dilakukan pemekaran nagari, Korong Ampalu Tinggi dibagi menjadi tiga korong. Maka dalam acara pembagian THR anak yatim, pemuda tiga korong ini bersatu menjadi pemuda Ampalu Tinggi,” tuturnya. (*)

Exit mobile version