Gotong Royong Bersama Warga, Wali Nagari Kuranji Hulu Tinjau Jalan Rusak di Korong Kalawi

Kontributor Zukra

Nagari Kuranji Hulu

HARIANHALUAN.ID – Jalan penghubung alternatif kurang lebih 2 kilometer antara Kuranji Hulu dengan Kuranji Hilir yang berada di Korong Kalawi mengalami rusak parah.

Wali Nagari Kuranji Hulu, Salman Hardani St Datuak Rajo Harimau beserta perangkat nagari, Camat Sungai Geringging yang diwakili Syofyan, Wali Korong Kalawi, Ali Amran, meninjau ke lokasi dan didampingi Ketua Pemuda Kalawi, Tarujang, serta pemuda setempat, Sabtu (6/5/2023).

Sukri (35) salah seorang pemuda setempat menjelaskan, dalam kurun waktu empat hari terakhir cuaca tidak mendukung. Hujan cukup deras jadi mengakibatkan longsor kecil dan jalan susah dilalui.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pemuda Kalawi, Tarujang (48). Ia mengatakan, saluran di sisi kanan dan kiri jalan tertutup oleh tanah disebabkan longsor dan air bah. Jadi timbul inisiatif berkoordinasi dengan pemuda, korong dan wali nagari untuk melaksanakan gotong royong di dekat lokasi.

Wali nagari juga menyetujui akan diadakan gotong royong bersama, mengingat jalan yang dilalui cukup ramai apalagi momen Lebaran volume kendaraan cukup banyak, ditambah lagi jalan banyak yang rusak dan berlubang.

“Untuk menghindari yang tidak diinginkan, contohnya si pengendara tidak tahu medan jalan alangkah berbahaya untuk dilanjutkan,” ucapnya.

Salman Hardani St Datuak Rajo Harimau menjelaskan, jalan tersebut belum tersentuh dari pemerintah daerah untuk renovasi aspal ulang, mengingat terakhir di aspal 17 tahun yang lalu sampai sekarang dimulai dari Simpang Empat Kalawi, Korong Kalawi, sampai Banda Gadang perbatasan dengan Korong Kapalo Padang. (*)

Exit mobile version