DPMD Padang Pariaman Gelar Lomba Nagari Terbaik, Ini 17 Nagari yang Dinilai!

Kontributor Rizky Utama

HARIANHALUAN.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Padang Pariaman kembali menyelenggarakan lomba nagari tingkat kabupaten sesuai intruksi gubenur nomor: 414.3/255/DPMD-2023 perihal penyelenggaraan lomba nagari atau kelurahan tahun 2023.

Untuk itu, DPMD Kabupaten Padang Pariaman melakukan seleksi nagari terbaik tingkat kecamatan.

Peserta lomba nagari adalah nagari berkembang atau cepat berkembang, sesuai dengan hasil evaluasi perkembangan nagari pada website www.epdeskel.binapemdes kemendagri.go.id, serta evaluasi perkembangan desa/kelurahan dan petunjuk pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Dinas DPMD Kabupaten Padang Pariaman, Hendri Satria mengatakan, pelaksanaan lomba nagari dilaksanakan secara berjenjang melalui tahapan evaluasi dari tingkat nagari. Selanjutnya perlombaan nagari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota, lalu tingkat provinsi dan regional.

“Sesuai dengan juklak pelaksanaan lomba nagari ini adalah nagari berkembang atau cepat berkembang sesuai evaluasi perkembangan nagari, berbagai inovasi dan potensi nagari di Padang Pariaman,” kata Hendri Satria, Kamis (11/5/2023).

Selain itu, Kadis DPMD ini juga menyampaikan, sebanyak 17 nagari dari 17 kecamatan sedang mengekspose perkembangan nagari di hadapan juri di Kantor DPMD untuk mencari Lima besar. Nantinya, nagari terbaik akan diutus mewakili kabupaten ke tingkat provinsi.

Sementara Wali Nagari III Koto Aur Malintang, Azwar Mardin saat dijumpai Harianhaluan usai ekspose nagari mengatakan, sangat bangga bisa mengikuti kegiatan lomba nagari ini serta mewakili kecamatan tingkat kabupaten.

Tidak hanya itu, tentu harapannya bisa nanti mewakili Kabupaten Padang Pariaman ke tingkat Provinsi Sumatra Barat merupakan sebuah kebanggan juga untuk Nagari III Koto Aur Malintang.

“Lomba ini juga bagian evaluasi bagi kita di nagari, baik itu kita sebagai wali nagari, bamus nagari, PKK nagari, perangkat nagari sampai organisasi yang ada di lingkungan pemerintahan nagari, sejauhmana kita telah melakukan yang terbaik,” ucap Azwar Mardin.

“Momen ini merupakan kesempatan baik bagi team work “Go Smart To Amal” merupakan tagline Nagari III Koto Aur Malintang, sebagai nagari digital Padang Pariaman, agar lebih giat lagi berkarya dan berinovasi untuk kemajuan nagari dalam melayani masyarakat,” tutur wali nagari. (*)

Berikut Daftar 17 Nagari Ikuti Lomba Nagari Terbaik Padang Pariaman 2023:
1. Kecamatan Lubuk Alung, Nagari Sikabu
2. Kecamatan Batang Gasan, Nagari Malai V Suku Timur
3. Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Nagari Campago
4. Kecamatan V Koto Timur, Nagari Padang Alai
5. Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Nagari Sicincin
6. Kecamatan Nan Sabaris, Nagari Sunur
7. Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Nagari Guguak
8. Kecamatan VII Koto, Nagari Balah Ale
9. Kecamatan Sungai Geringging, Nagari Kuranji Hulu
10. Kecamatan Batang Anai, Nagari Kasang
11. Kecamatan Sungai Limau, Nagari Pilubang
12. Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Nagari Ill Koto Aur Malintang
13. Kecamatan Padang Sago
14. Kecamatan Patamuan
15. Kecamatan Sintuak Toboh Gadang
16. Kecamatan Ulakan Tapakis
17. Kecamatan Enam Lingkung.

Exit mobile version