Mayat Ilham Akhirnya Ditemukan Setelah 12 Hari Hilang Terseret Arus Batang Gumanti Solok

HALUANNAGARI.id – Setelah dinyatakan hilang sejak 4 Mei lalu, Ilham (si Il) Warga Jorong Talaok Nagari Sariak Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Jenazah pemuda 22 tahun itu ditemukan warga yang sedang beraktifitas di Batang Gumanti, Senin (15/05/23) sore.

Warga Sungai Abu, Margono Pasman yang juga Sekretaris Nagari setempat mengatakan, kabar duka itu terjadi Kamis tanggal 4 Mei 2023 pukul 17.00 Wib di Sungai Batang Gumanti. Korban dinyatakan hilang atau hanyut terbawa arus sungai.

Ilham dan temannya pergi menjala ikan Kelubuak Talau Jorong Talaok. Karena hujan deras di hulu Sungai Batang Gumanti, tanpa khawatir sedikitpun, saat korban dan temannya sedang asyik menjala ikan, secara tiba-tiba debit air bertambah dengan derasnya.

Ilham dan temannya sempat melarikan diri tapi naas bagi korban, belum sampai kepinggir sungai dia terjatuh dan terseret oleh air yang bertambah deras. Sementara 2 temannya selamat informasi dari masyarakat Talaok.

Setelah 3 hari warga bersama tim SAR dari Kabupaten Solok dan Provinsi Sumatera Barat melakukan pencarian terhadap korban yang terbawa arus sungai tidak kunjung ditemukan. Bahkan pencarian Sampai ke Nagari Sungai Abu, titik terakhir pencarian di Jorong Lubuak Muaro.

Pda hari ke empat pencarian, tim SAR beserta masyarakat belum juga menemukan tanda-tanda keberadaan korban. Kemudian tim SAR melanjutkan pencarian dari muara Batang Gumanti, masuk dari Solok Selatan melalui Sungai Batang Bangko dan sampai kesungai Batang Hari, dan korban juga tidak ditemukan.

Setelah 12 hari berlalu tepatnya tanggal 15 mei 2023 jam 14.00 Wib ada masyarakat Sungai Abu yang melaksanakan aktifitas di Aliran Sungai Batang Gumanti tanpa disengaja menemukan mayat korban di Lubuak Pauh, Jorong Lubuak Muaro Nagari Sungai Abu. Sekitar 8 km dari pemukiman masyarakat atau dari Jorong Lubuak Muaro.

Warga pun langsung menginformasikan kepada pihak keluarga korban korban di Jorong Talaok. Masyarakat Sariak – Sungai Abu pergi kelokasi, beserta anggota DPRD Kabupaten Solok, Camat Hiliran Gumanti, Kapolsek, pihak Puskesmas, Wali Nagari Sungai Abu masing-masing Beserta Anggota terjun kelapangan ke titik penjemputan.

Kareba titik lokasi penemuan cukup jauh, ambulance akhirnya sampai pukul 21.50 WIb. Korban langsung dibawa ke rumah duka di Jorong Talaok Nagari Sariak Alahan Tigo untuk segera dimakamkan. (*)

Exit mobile version