Pelatihan Jurnalistik Haluan Nagari Angkatan  VIII Dibuka, Kembangkan Potensi Nagari Melalui Haluan Nagari Expo 2023

EO Haluan Nagari Expo 2023, Suherdinal, saat mensosialisasikan Haluan Nagari Expo 2023 di pembukaan pelatihan Jurnalistik Haluan Nagari angkatan ke VIII di Kantor Harian Haluan, Senin (15/5). Pelatihan Jurnalistik Haluan Nagari Angkatan VIII dibuka dibuka Kepala PMD Sumbar, Amasrul, diwakili Kabid Pemerintahan Nagari Dinas PMD Sumbar, Desrianto Boy. FARDIANTO

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Pada era yang serba dinamis ini, pengembangan potensi lokal sangatlah penting dalam memperkuat ekonomi masyarakat di setiap nagari. Dalam upaya untuk mendorong pertumbuhan dan kemajuan di tingkat nagari, Harian Haluan kembali menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik bagi perangkat nagari yang sudah memasuki angkatan VIII.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang jurnalisme kepada perangkat nagari, sehingga mereka dapat memanfaatkan media massa sebagai alat yang efektif untuk mengembangkan potensi nagari mereka. Dengan keahlian jurnalistik yang diperoleh, perangkat nagari akan mampu menyampaikan berita dan informasi tentang potensi unik yang dimiliki oleh nagari mereka, serta menciptakan kesadaran yang lebih luas di kalangan masyarakat akan kekayaan danpotensi yang ada.

Tidak hanya itu, pelatihan ini juga berperan penting dalam persiapan Haluan Nagari Expo 2023. Acara ini diharapkan menjadi platform yang memadukan berbagai potensi dan inovasi dari nagari dan desa di seluruh wilayah. Melalui Haluan Nagari Expo 2023, nagari dan desa akan dapat memamerkan produk-produk lokal mereka, memperluas jaringan bisnis, dan meningkatkan kesadaran publik tentang potensi ekonomi yang ada di tingkat nagari.

“Kami percaya bahwa pelatihan jurnalistik ini akan menjadi langkah awal yang kuat dalam menggali dan mengembangkan potensi nagari. Harian Haluan berkomitmen untuk mendukung kemajuan nagari dan desa serta berperan aktif dalam memperkuat ekonomi masyarakat lokal. Melalui sinergi antara pelatihan jurnalistik dan Haluan Nagari Expo 2023, kami berharap dapat menciptakan momentum positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nagari dan desa,” kata EO Haluan Nagari Expo 2023, Suherdinal, saat mensosialisasikan Haluan Nagari Expo 2023 di pembukaan pelatihan Jurnalistik Haluan Nagari angkatan ke VIII di Kantor Harian Haluan, Senin (15/5).

Seherdinal mengatakan, Haluan Nagari Expo 2023 juga untuk memperkenalkan potensi dan peluang investasi nagari dan desa di Sumbar, membangun branding Sumbar melalui nagari-nagari. Kemudian, membangun kompetensi para pemangku jabatan dan pengurus di nagari di Sumbar, memberikan apresiasi atau awarding terhadap pencapaian-pencapaian oleh nagari yang berkompetensi, membuka akses dan jaringan nagari desa dengan berbagai pihak.

“Selanjutnya, ajang belajar, saling tukar informasi dan pengalaman antar wali nagari, kepada desa pengelola BUMNag se-Sumbar. Membangun kemitraan dan jejaring kerja sama antar para wali nagari atau kepala desa, perangkat nagari/desa, pengelola Bumnag dengan berbagai pihak baik swasta maupun pemerintah kabupaten kota, provinsi maupun pusat,” katanya.

Lebih jauh Seherdinal mengatakan, yang dibutuhkan nagari saat ini, yaitu peningkatan kapasitas dari wali nagari beserta perangkat yang ada sehingga mampu berinovasi dan bersaing. Kemudian menemukan potensi nagari itu sendiri, kemampuan untuk memperkenalkan potensi atau membranding nagari itu sendiri.

Tidak hanya itu, katanya, kemitraan, akses dan jaringan nasional maupun internasional yang mampu memacu iklim investasi, pemasaran UMKM dan pariwisata yang tetap, program inovasi yang tepat sasaran, dan transformasi kepada nagari konvensional ke nagari digital. “Haluan Nagari Expo ini mulai disosialisasikan pada Juni dan akan digelar pada Oktober 2023, dengan beragam bentuk kegiatan dan pameran-pameran nagari,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pemerintahan Nagari Dinas PMD Sumbar, Desrianto Boy, mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan Haluan Nagari Expo 2023. Dengan pelatihan jurnalistik dan target 1.000 jurnalis nagari sebelum kegiatan Haluan Nagari Expo 2023 sudah tercapai.

“Kami dari PMD Sumbar mengucapkan terima kasih, apalagi tekad dari Harian Haluan dalam mewujudkan 1.000 Jurnalis Nagari, ini saya pandang sangat luar biasa,” ujarnya saat membuka pelatihan jurnalistik nagari angkatan ke VIII.

Boy mengatakan, nagari dan desa berbagai hal sudah banyak dilakukan oleh desa dan nagari dalam rangka percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, kebanyakan kegiatan di nagari kurang bahkan tidak terekspos, sehingga apa yang sudah dicapai, dan potensi yang bisa dikembangkan tidak terpublikasikan ke luar.

Untuk itu, dengan adanya pelatihan ini dapat menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada khalayak melalui media massa secara teratur. Kemudian, memeriksa keautentikan suatu informasi yang akan disampaikan, dan melakukan wawancara kepada narasumber demi memperoleh informasi akurat untuk disampaikan ke publik.

Sebelumnya, Pemimpin Umum Harian Haluan, Zul Effendi, mengatakan, Haluan telah melahirkan sebanyak 250 jurnalistik nagari dan desa se-Sumbar. Dikatakannya, pelatihan jurnalistik nagari dimulai sejak bulan November 2022 lalu, dan jika ditotalkan keseluruhan dari angkatan I – VII sudah 250 orang yang dilahirkan dari pelatihan jurnalistik nagari Haluan ini. 

Pada umumnya setelah dilakukan pelatihan perangkat nagari sudah memiliki kemampuan dasar menulis yang baik. Untuk itu diharapkan dengan pelatihan yang dihadiahi kartu pers mampu mengurangi dan meminimalisir konotasi negatif masyarakat nagari terhadap pers, serta selalu menerapkan UU Khusus Pers Nomor 40 tahun 1999. (fdi)

Exit mobile version