Nagari Sitanang Dapat Bantuan Pembangunan 20 Toilet dari Organisasi Profesi Dinas Kesehatan 50 Kota

LIMA PULUH KOTA, HARIANHALUAN.ID — Puluhan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota dari berbagai organisasi profesi melakukan bakti sosial di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 116 di Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Saat bakti sosial yang digelar pada Jumat (26/5) pagi itu, tidak hanya melakukan cek kesehatan bagi warga setempat. Juga dilakukan penyaluran puluhan kloset bagi 20 rumah warga setempat.

“Hari ini kami dari berbagai organisasi profesi Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota ikut serta menyukseskan TMMD ke 116 dengan melakukan bakti sosial. Ada puluhan anggota lintas organisasi profesi yang ikut bakti sosial,” ujar Wilda Reflita Plt Kepala Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota di Posko TMMD ke 116 Jorong Sungai Nagari Sitanang.

Bakti sosial yang dilakukan seperti cek kesehatan warga, gotong royong membersihkan lingkungan, melakukan penyuluhan kesehatan serta penyerahan 20 kloset gratis, semen serta pipa untuk warga setempat.

Perlengkapan untuk toilet itu, diterima Dandim 0306/50 Kota melalui Satgas TMMD ke 116 serta Wali Nagari Sitanang Hardison Datuak Tulahir.

“Standar Pelayanan Minimal pada kesehatan terutama soal jamban di Nagari Sitanang masih rendah, berkisar 41,6 persen. Karena itu kita bagikan kloset, pipa serta semen untuk membangun toilet bagi 20 rumah,” kata Ketua Ikatan Bidan Indonesia Cabang Lima Puluh Kota tersebut.

Wilda Reflita berharap, dengan adanya bakti sosial tersebut setidaknya bisa meningkatkan kesehatan warga Nagari Sitanang, apalagi adanya program TMMD dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sementara Dandim 0306/50 Kota melalui Pasiter Kapten Inf Muhardif berterimakasih kepada organisasi profesi pada Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota yang ikut berpartisipasi dan menyukseskan program TMMD ke 116 melalui kegiatan bakti sosial.

“Mudah-mudahan kegiatan dari Dinas Kesehatan bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat,” ujar Kapten Inf Muhardif.

Sedangkan, Wali Nagari Sitanang Hardison Datuak Tulahir mengatakan, bantuan dari organisasi profesi di Dinas Kesehatan Lima.Puluh Kota sangat bermanfaat banyak bagi warga Nagari Sitanang.

“Mudah-mudahan, upaya dari Dinas Kesehatan bisa jadi pemancing bagi masyarakat lain untuk membangun fasilitas kesehatan di rumah masing-masing. Ini juga sebagai upaya dalam meningkatkan keluarga sehat Nagari Sitanang,” kata Hardison. (ddg)

Exit mobile version