BPD Lakukan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pemerintah Desa Sikapak Timur Semester 2023

Kontributor Amy Wasdy

HARIANHALUAN.ID – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, melaksanakan rapat rutin tentang evaluasi, serta pelaporan pelaksanaan kegiatan selama satu semester pada dana tahap 1 tahun 2023 di kantor desa setempat, Jumat (9/6/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua BPD beserta anggota, kepala desa beserta perangkat desa lengkap dengan kepala dusun dan tokoh masyarakat.

Rapat yang dibuka langsung oleh Ketua BPD Rusan Iscan menyampaikan beberapa hal penting. Ia mengatakan, tujuan dari rapat rutin ini merupakan tugas BPD, sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT No. 110 tentang BPD.

Ia juga menyampaikan, seluruh anggota BPD Sikapak Tumur siap menyertai dan mendampingi, serta mengawasi jalannya pemerintah desa terutama terkait penggunaan anggaran.

Ketua BPD juga berharap kedepannya agar kepala desa bersama perangkat desa akan semakin maju, baik dalam bidang pembangunan maupun administrasi dan harus siap menerima masukan kritik dan saran maupun pengawasan dari BPD dalam melaksanakan program-programnya.

Sememtara Kepala Desa Sikapak Timur, Syawirman mengatakan tentang kegiatan Pemerintah Desa Sikapak Timur, baik fisik maupun non fisik pada dana tahap 1 ini, alhamdulillah sudah berjalan dengan baik. Sebagaimana diketahui, jalannya kegiatan di desa juga merupakan dukungan dan pengawasan oleh BPD desa.

“Kegiatan yang belum terealisasikan pada semester 1 atau dana tahap 1, kita menunggu untuk pencairan dana tahap selanjutnya. Insyaallah seluruh rancangan anggaran tahun 2023 akan kita realisasikan semuanya. Seperti dana pembangunan penambahan lokal PAUD Desa Sikapak Timur, dana irigasi dan lain-lainnya,” ucapnya.

Sekretaris BPD, Ardianalis juga menyampaikan beberapa hal, pihaknya berharap penggunaan dana desa Pemerintah Desa Sikapak Timur dapat berjalan dengan baik dan perencanaan yang sudah dirancang dapat terlaksana dalam tahun ini.

“ini dilakukan agar tidak adanya silpa pada pendanaan kita tahun ini, baik dalam segi dana pembangunan, pemberdayaan dan lain-lainnya. Sehingga perangkat desa bisa menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya dengan baik. Dan akan berdampak untuk kemajuan, kesejahteraan Desa Sikapak Timur,” ujarnya.

Kegiatan selanjutnya yaitu pelaporan masing-masing oleh pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan tupoksi kegiatan dari kaur keuangan, kaur perencanaan, kaur umum, kasi pemerintah, kasi pelayanan dan kasi kesejahteraan. (*)

Exit mobile version