Tingkatkan Kualitas Kader, TP PKK Nagari Salimpek Studi Banding ke Nagari Tambang Pesisir Selatan

Kontibutor: Afdalil Zikri

Studi Banding PKK Nagari Salimpek ke Pessel, Rabu (19/7). IST

PESSEL, HARIANHALUAN.ID — Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nagari Salimpek melakukan studi banding ke Nagari Tambang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kader.

Rombongan Nagari Salimpek terdiri dari Camat Lembah Gumanti yang diwakili oleh Sekretaris Camat, Gery Candra, Perangkat Nagari Salimpek, pengurus TP PKK Nagari Salimpek. Dalam kegiatan tersebut TP PKK Nagari Salimpek disambut oleh Ketua Asuhan Mandiri (Asman) Nagari Tambang, Zurhidayati, Rabu (19/7).

Wali Nagari Tambang, Akbar Malik Mustafa, dalam sambutannya mengatakan pembangunan di nagari tidak hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur saja, tapi bagaimana juga membangun sumber daya manusia.

“Dalam Permendagri 20 Tahun 2018 disebutkan bahwa klasifikasi belanja desa dibagi dalam 5 bidang yaitu penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak desa,” katanya.

Ia menuturkan, di Nagari Tambang selalu melakukan pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat, salah satunya adalah meningkatkan kualitas kader PKK. “Buktinya kita juara 3 lomba Asuhan Mandiri (Asman) tingkat Propinsi Sumatera Barat,” ujar alumni UPI YPTK Padang itu.

Akbar yang telah menjabat sebagai Wali Nagari selama lima tahun ini mengatakan bahwa saat ini Nagari Tambang fokus untuk persiapan lomba Asman tingkat nasional. “Dengan jumlah penduduk 2.045 jiwa dan 2 kampung kita berupaya untuk bisa diperhitungkan di tingkat nasional,” tutupnya.

Kemudian, Ketua TP PKK Salimpek, Neli Zulfikar menyampaikan kegiatan pembinaan PKK di Salimpek telah berjalan dengan baik. “Pembinaan terhadap PKK sudah dilakukan, namun tentu perlu adanya peningkatan,” ujarnya.

Lanjutnya, pemahaman Asuhan Mandiri (Asman) sangat penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. “Hal itulah yang kita lihat dan pelajari ke Nagari Tambang,” tutup Neli.

Camat Lembah Gumanti yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan, Gerry Candra, mengungkapkan bahwa studi banding ini merupakan proses bagaimana bertukar pikiran dan belajar dari antara Nagari Salimpek dan Nagari Tambang. “Kita saling berbagi penerapan dan strategi dalam  peningkatan program strategis di nagari khususnya memajukan PKK,” katanya.

“Kedua nagari yang berbeda karakteristik ini juga bekerjasama di bidang peningkatan pemberdayaan dengan pemanfaatan lembaga nagari,” pungkas Gery. (*)

Exit mobile version