Nagari Sukomananti Aua Kuniang Gelar Semarak Muharram

Kontributor: Ash Koto

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.ID —  Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Nagari Sukomananti Aua Kuniang, Pasaman Barat, mengadakan acara semarak Muharram ke-1 tahun 1445 H pada hari Rabu (19/7).

Dalam sambutannya Camat Pasaman Jon Endri,S.ST.Pi yang didampingi Pj. Wali Nagari Sukomananti Aua Kuniang, Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Sukomananti Aua Kuniang Akhiril Gusti, dan Babinsa Nagari Sukomananti Aua Kuniang Serda Mukhlis, Menyampaikan momen 1 Muharram ini merupakan peristiwa yang diawali dengan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekah ke Kota  Madinah dikarenakan tekanan dari kaum kafir Quraisy. Di Kota Madinah dakwah nabi lebih diterima oleh masyarakat. Peristiwa inilah yang dijadikan sebagai awal penanggalan dalam bulan Hijriah.

Selanjutnya ia menyampaikan kegiatan ini sangat positif sekali untuk membina generasi muda dan membentengi diri generasi muda dari pengaruh penyakit masyarakat yang dirasakan semakin membahayakan. Untuk itu kegiatan ini harus selalu berkesinambungan dari tahun ke tahun berikutnya.

Kegiatan semarak Muharam ke – 1 ini juga di isi dengan beberapa lomba. Di antaranya lomba tilawah Al-Qur’an untuk putra dan putri, lomba Tahfiz Qur’an untuk putra dan putri, dan lomba pembacaan Kuthbah Jumat untuk putra.

Sebagai puncak acara pada Rabu malam diadakan Pawai obor yang akan diikuti semua santriwan dan santriwati TPA/MDA se nagari Sukomananti Aua Kuniang. Adapun rute yang akan dilalui berawal di Mesjid Raya Baitu Salam Sukomananti Aua Kuniang menuju Simpang Padang Kubang. (*)

Exit mobile version