Nagari Sukomananti Aua Kuniang Semarakkan Muharram dengan Pawai Obor

Kontributor: Ash Koto

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.ID — Nagari Sukomananti Aua Kuniang menggelar  pawai obor untuk menyemarakkan 1 Muharram 1445 H, Rabu (19/7). Kegiatan ini  diikuti ratusan santriwan dan santriwati TPA/MDA se Nagari Sukomananti Aua Kuniang , pelajar SMP El Ma’arif, pemuda dan masyarakat setempat.

Pj Wali Nagari Sukomananti Aua Kuniang Asrul yang didampingi Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Nagari Sukomananti Aua Kuniang Asril, SH, Bhabinkamtibmas Bripka Riki Hendriyanto, Sekretaris Nagari Rijalul Ihsan melepas rombongan pawai obor ini di Halaman Komplek Masjid Raya Baitus Salam Sukomananti. Arak-arakan diiringi gema shalawat nabi,  bergerak ke arah rute yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu dari Masjid Raya Baitus Salam Sukomananti Aua Kuniang menuju ke Tapalan melewati Kantor Pemerintah Nagari Sukomananti Aua Kuniang.

Semangat peserta pawai obor ini sangat luar biasa, walaupun sempat tertunda karena derasnya air hujan yang turun, namun pawai obor dapat juga dilakukan biar pun di bawah rintik hujan gerimis yang turun.

Di penghujung kegiatan Asril, SH mengatakan, “Semarak Muharram tahun 1445 H ini dirayakan berbeda dengan tahun yang sebelumnya. Sebelum pawai obor dilakukan, panitia sudah mengadakan beberapa lomba yang diikuti oleh santriwan dan santriwati TPA/MDA, di antaranya lomba pembacaan Khutbah Jumat , lomba Tilawah Al-Qur’an, dan Tahfiz Qur’an. Rangkaian acara ini sangat disambut antusias oleh warga masyarakat. Hal ini dapat kita lihat tingginya kepedulian dan  dukungan materil serta non materil dari masyarakat kita, sehingga berkat dukungan itu acara dapat terselenggara dengan lancar dan sukses,” ucapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepala seluruh jajaran Pemerintahan Nagari Sukomananti Aua Kuniang, Pemuda Nagari Sukomananti Aua Kuniang dan seluruh panitia pelaksana PHBI yang merupakan pengurus dan guru TPA/MDA yang telah mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran demi terselenggaranya hajatan ini. (*)

Exit mobile version