KUA Kecamatan Barangin Laksanakan Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama

Kontributor Ovyr@

Desa Santur

HARIANHALUAN.ID – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, melaksanakan sosialisasi kampung moderasi beragama di Aula Kantor Desa Santur, Kamis (20/7/2023).

Kepala KUA Kecamatan Barangin, Adrimas mengatakan, kampung moderasi beragama adalah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga dan lapisan masyarakat.

Hal ini bertujuan untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran dan memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kampung. Dalam mendukung program tersebut, Desa Santur disepakati menjadi kampung moderasi beragama di Kecamatan Barangin.

“Salah satu alasannya, karena di desa ini masyarakatnya begitu majemuk, terdapat beragam suku bangsa dan agama, namun tetap dapat hidup berdampingan secara rukun dan harmonis, sehingga apa yang telah berjalan dengan baik selama ini dapat terus dipertahankan dan masyarakat terhindar dari paham dan sikap ekstrem dalam beragama” ujar Adrimas saat memaparkan materi sosialisasi.

Sosialisasi kampung moderasi beragama ini dihadiri kepala desa beserta perangkatnya, tokoh agama, tokoh masyarakat, masyarakat berbeda agama yaitu Islam dan Kristen Katolik  dan Penyuluh Agama Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Narasumber dalam kegiatan ini yakni Adrimas, selaku Kepala KUA Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. (*)

Exit mobile version