Nagari Kuranji Hulu Adakan Pelatihan Literasi Desa Cerdas

Kontributor Zukra

HARIANHALUAN.ID – Nagari Kuranji Hulu mengadakan pelatihan literasi digital di aula kantor nagari setempat, Kamis (24/8/2023).

Dimana pelatihan tersebut adalah Program Penguatan dan Pembangunan Desa (P3D) di bawah naungan Kementerian Desa PDTT. Pada smart village atau desa cerdas, kegiatan ini mengarah kepada transformasi digital, dimana masyarakat yang tinggal di desa juga mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

Acara yang dilaksanaakan ini di hadiri Camat Sungai Geringging, Kecil Ardinata, Wali Nagari Kuranji Hulu, Salman Hardani St Datuak Rajo Harimau, Duta Digital Siti Rodiah, Bamus, LPM, PD, PLD kecamatan, perangkat nagari, karang taruna, kader digital dan peserta komunitas digital.

Acara ini adalah rencana kegiatan yang telah dituangkan dalam proposal oleh duta digital bersama kader digital dan tim PKDD di Nagari Kuranji Hulu dalam tema pelatihan literasi digital dasar yang dihadiri 40 peserta. Turut mendampingi juga PD dan PLD dari kecamatan, tokoh masyarakat kaum millenial dan lembaga jenagarian.

Sebelumnya masa kerja berlangsung, Siti Rodiah sebagai duta digital menegaskan kembali bahwa ini adalah kegiatan bersama terkhusus di dalam ruang komonitas digital desa yang sudah dibentuk dan juga di SK kan oleh kenagarian/desa.

Camat Sungai Geringging, Kecil Ardinata mengatakan, dalam bidang digital harus dimanfaatkan zaman, makin lama berkembang walau pun itu di desa. Contohnya di segi pertanian, peternakan dalam cara pengelolahan dan manfaatkan betul dunia digital agar tidak ketinggalan.

Senada dengan itu, Wali Nagari Kuranji Hulu, Salman Hardani St Datuak Rajo Harimau menyampaikan bahwasanya sangat penting tentang digital apalagi di perdesaan/nagari segala aspek-aspek urusan nagari perlu ada wadah untuk membantu urusan, terutama dalam lingkungan Pemerintahan Nagari Kuranji Hulu.

“Contohnya untuk mengirim file-file dokumen cukup lewat email atau website dan di nagari tersebut perlu kader sigital untuk mempelajari tentang digital,” katanya. (*)

Exit mobile version