Komisi Informasi Pusat Kunjungi Nagari III Koto Aur Malintang

HARIANHALUAN.ID – Tim Visitasi Komisi Informasi (KI) Pusat mengunjungi Nagari III Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar), Sabtu (11/11/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka penilaian keterbukaan informasi publik desa tahun 2023 di Batubasa. Tim penilai terdiri dari Gede Narayana (KI Pusat), Dr. Afrizal Tjoetra (Dekan FISIP Universitas Teuku Umar Aceh), Yones Herawati, Anisa Kusuma Wardhani (PD), Nauli (PD), Karel Salim dan Ari Wijaya (Bappenas).

Kemudian Kadis PMD Sumatra Barat yang diwakili Amriman, Kadis PMD Padang Pariaman, Endri Satria dan Kadis Kominfo Padang Pariaman, Zahirman.

Pada sambutannya bupati yang diwakili Kadis Kominfo menyebutkan bahwa Nagari III Koto Aur Malintang sejak tahun 2021 selalu mewakili Padang Pariaman dalam iven yang dipelopori KI ini.

“Kami di pemerintah daerah selalu menyokong dan mendukung agar keterbukaan informasi menjalar ke semua nagari di Padang Pariaman, ini menjadi komitmen kami,” ujar Zahirman.

Sementara itu, Ketua Tim Visitasi KI Pusat, Gede Narayana menyebutkan bahwa tujuan dari pelaksanaan keterbukaan informasi berjalan sesuai ketentuan yang berlaku, tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance, mencerdaskan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi, bukan juara atau penghargaan yang jadi tujuan utamanya,” kata Gede Narayana.

Sebelumnya, Pj Wali Nagari III Koto Aur Malintang, Mitra Susanto menyebutkan, bahwa nagari III Koto Aur Malintang yang jauh dari pusat pemerintahan kabupaten punya komitmen dalam inovasi nagari, terutama dalam hal digitalisasi guna mendukung keterbukaan informasi publik dan ini sudah berlangsung sejak empat tahun lalu.

“Sejak menerapkan keterbukaan ini, kami selalu mewakili nagari sebagai utusan Kabupaten Padang Pariaman,” ujar Mintra Susanto. (*)

Exit mobile version