54 Wali Nagari Baru di Tanah Datar Dilantik, Bupati Wanti-wanti Jangan Sampai Tersandung Kasus Hukum

Bupati Tanah Datar, Eka Putra melantik 54 wali nagari terpilih Senin (13/11) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo. IST

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.ID Bupati Tanah Datar, Eka Putra melantik 54 wali nagari terpilih se-Kabupaten Tanah Datar hasil pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Serentak yang dilaksanakan pada 26 September 2023 kemarin.

Dalam sambutannya, selepas prosesi pelantikan, Senin (13/11) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo, Eka Putra menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan puncak proses Pilwana Serentak bagi 54 nagari dari 75 nagari di Tanah Datar.

“Hari ini adalah puncak proses Pilwana Serentak di Tanah Datar yang berjalan aman, lancar, dan sukses. Dan hari ini (kemarin, red), kita semua bersuka cita menyambut wali nagari yang baru untuk memimpin 6 tahun ke depan,” ujarnya.

Eka Putra berharap wali nagari terpilih untuk segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan memahami segala regulasi yang ada dalam memimpin nagari.

“Segera pahami aturan dan peraturan, terutama terkait dengan administrasi, sehingga tidak bermasalah dengan hukum di kemudian hari. Embanlah amanah yang diberikan masyarakat dengan sebaik-baiknya,” kata Eka.

Bupati juga berharap wali nagari dalam menyusun rencana dan program pembangunan disinergikan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar.

“Dengan sinerginya program antara Pemkab dengan pemerintah nagari tentu akan memaksimalkan capaian pembangunan, sehingga masyarakat Tanah Datar lebih sejahtera, dan juga berusaha merealisasikan program dan kegiatan yang diusung pada masa kampanye kemarin,” katanya.

Bupati juga menyampaikan selamat kepada wali nagari yang dilantik dan juga menyampaikan terima kasih kepada panitia pelaksana dan elemen terkait lainnya yang telah mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pilwana Serentak di Tanah Datar.

“Selamat kepada wali nagari terpilih, tugas berat menanti semua, terutama beberapa waktu ke depan akan dilaksanakan pemilu, bersikaplah netral dan menciptakan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat,” katanya.

Sementara itu Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas PMD Sumbar, Amasrul menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Pilwana Serentak di Tanah Datar.

“Ini merupakan pelantikan wali nagari terbanyak yang saya hadiri. Tidak semua kabupaten yang mampu melaksanakan pilwana ini, baru Tanah Datar yang melaksanakannya, tentu ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain,” katanya.

Amasrul menyampaikan, sebagai garda terdepan untuk pembangunan masyarakat, segera melaksanakan program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. “Kepada wali nagari, untuk usaha menyejahterakan masyarakat mulailah membentuk dan menyusun RPJM Nagari, sehingga nagari memiliki arah pembangunan yang jelas,” ucapnya. (h/rel)

Exit mobile version