Siap Hadapi Pemilu 2024, 270 Anggota Linmas Ucapkan Ikrar

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Sebanyak 270 anggota Linmas yang berasal dari 45 nagari dan tujuh kecamatan se-Padang Pariaman mengucapkan ikrar guna siap menghadapi Pemilu serentak 14 Februari 2024 mendatang, Rabu (6/12/2023). 

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur mengimbau agar setiap anggota linmas bersatu dalam menjaga ketertiban dan keamanan menghadapi pemilu. 

“Linmas yang selalu tangguh terhadap perlindungan masyarakat. Jadi, mari kita sukseskan dan jaga ketertiban agar Pemilu 2024 nantinya dapat berjalan kondusif. Juga fungsi perlindungan bagi masyarakat di masing-masing nagari,” katanya.

Ia meminta agar semua aturan yang mengikat pada tahapan proses penyelenggaraan pemilu dijadikan anggota linmas sebagai acuan. 

“Linmas yang ada di nagari juga sebagai bentuk wadah sosial siap siaga dalam bencana alam yang tanpa terencana datang menghadapi kita semua,” tuturnya.

Kapolres Kabupaten Padang Pariaman, AKBP Bagus Ikhwan dalam sosialisasinya juga menyampaikan fungsi linmas di tengah-tengah masyarakat terutama saat penyelenggaraan pemilu. Sebutnya, jika ada penyimpangan atau pelanggaran pemilu harus segera dilaporkan.

“Linmas harus cepat bertindak dan beritahu agar bisa segera disikapi dan ditindaklanjuti. Itu salah satu fungsi linmas dalam menjaga ketenangan dan kenyamanan saat pemilu,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Kasat Pol PP Padang Pariman, Syafrion M menegaskan, limas harus tangguh dalam mewujudkan pemilu aman.

“Langkah yang diambil jika ada pelanggaran yang pertama adalah selalu siaga pada mulai proses pendaftaran di TPS. Kotak surat suara sampai ke kecamatan dikawal agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan,” ujarnya. 

Ia menuturkan, posisi Linmas jelas diatur melalui Peraturan Mendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat.

Wali Nagari Lareh Nan Panjang, Muskinta menjadi salah satu wali nagari yang hadir, berharap agar seluruh tahapan pemilu benar-benar bisa tersosialisasi dengan baik.

Selanjutnya Muskinta mempertegas, agar kampanye yang dilakukan di setiap nagari bisa terinformasi dengan jelas terkait dengan jadwal dan area yang akan dipakai.

“Ini tujuannya agar tahapan yang akan dilalui bisa memberikan penjelasan yang baik di tengah-tengah masyarakat. Semoga satlinmas yang telah dibentuk di nagari mampu tangguh dan memberi rasa aman,” tuturnya. (*)

Exit mobile version