Diawali Maarak 1.000 Lamang Kujuik, 200 Pesepeda Ikuti Fun Bike Exprloring Culture and Nature of Nagari Batipuah Ateh

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.ID – Lebih kurang 200 pesepeda dari beberapa klub di Sumbar, ikut meriahkan iven Fun Bike Exploring Culture and Nature of Nagari Batipuah Ateh yang diadakan di Lapangan Bola Kaki Simpang Ampek, Jorong Balai Mato Aie, Nagari Batipuah Ateh, pada Minggu (17/12/2023).

Kegiatan yang menjadi iven pertama ini, memamerkan pesona alam dan budaya nagari kepada khalayak terutama para pecinta sepeda. Acara diawali dengan prosesi “maarak” 1.000 Lamang Kujuik yang merupakan panganan khas masyarakat Batipuah bersama dengan para tamu undangan.

Acara yang digagas oleh Mahasiwa KKN-TV Politeknik Negeri Padang ini akan menyajikan pengalaman berbeda bagi para pesepeda. Adapun rute yang dilalui mulai dari lapangan simpang ampek menuju Jorong jambu, Jorong Sawah Diujuang, Jorong Balai Sabuah, Jorong Subarang dan kembali finish di Lapangan Simpang Ampek.

Mulai dari medan yang menantang, panorama alam, kuliner dan keunikan sosial budaya masyarakat Nagari Batipuah Ateh ditambah dengan kehadiran bintang tamu salah seorang penyanyi Minang dan juga doorprize.

Kemudian para tamu langsung disambut dengan tari pasambahan yang dibawakan oleh pemusik dan penari dari Sanggar Seni Barito Awan Subarang.

Iven yang memperkenalkan potensi pariwisata Nagari Batipuah Ateh itu, disambut baik pemerintah provinsi. Sebab, acara itu menonjolkan keindahan panorama alam maupun kekayaan unsur budaya nagari.

Dalam sambutannya, perwakilan dari Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, menyampaikan ucapan selamat atas terlaksananya kegiatan fun bike di Batipuah Ateh.

“Ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah nagari, Mahasiwa KKN dan segenap unsur masyarakat sehingga acara ini terlaksana dengan baik. Mudah-mudahan acara ini akan berkelanjutan dan menjadi bagian dari produk unggulan Bupati Tanah Datar “Satu Nagari, Satu Event” tuturnya.

Turut hadir dalam acara ini, mewakili bupati Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Datar beserta OPD terkait, Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar, Camat Batipuh dan Forkopimca, Pendamping Desa, Wali Nagari Batipuah Ateh, BPRN, Pengurus KAN, Bundo Kanduang dan tokoh masyarakat lainnya.

Selanjutnya semua pesepeda dilepas secara resmi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tanah Datar, Roni Mulyadi Dt Bungsu.

Wali Nagari Batipuah Ateh, Ade Putra menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh mahasiswa KKN-TV Politeknik Negeri Padang.

“Kami dari Pemerintah Nagari Batipuah Ateh mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada adik-adik mahasiswa yang telah menginisiasi kegiatan ini, kepada bapak dan ibu dosen juga kepada seluruh sponsor dan donatur yang mendukung hingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga acara ini akan membawa dampak positif bagi nagari kedepannya,” katanya.

Salah seorang perwakilan mahasiwa KKN Azzahra Yasmin berharap acara ini mampu menjadikan Batipuah Ateh lebih dikenal masyarakat luas kedepannya. Selain lamang kujuik, kepada seluruh peserta juga dipamerkan produk-produk UMKM Nagari Batipuah Ateh, diantaranya Kawa Daun dan Batiak Pulai. (*)

Exit mobile version