Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, Alfian Abas Kunjungi Posko Penanganan Bencana di Nagari Tarantang

LIMA PULUH KOTA HARIANHALUAN.ID- Alfian Abas, anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat (Sumbar), yang berdomisili di sekitar lokasi banjir turut prihatin atas terjadinya bencana beberapa hari yang lalu.

Tidak tinggal diam, anggota dewan dari Fraksi Demokrat ini menggunjungi masyarakat dan dapur umum posko penanganan bencana di Nagari Tarantang, Rabu (20/12/2023).

Anggota DPRD Lima Puluh Kota ini memberikan bantuan beberapa paket sembako, yang langsung diserahkan kepada kedua penanggungjawab posko dapur umum di Nagari Tarantang.

Banjir yang melanda Nagari Tarantang sejak Senin 18 Desember 2023, menyebabkan terendamnya sekitar 80 perseb rumah warga di nagari ini.

Pemerintah Nagari Tarantang berinisiatif membuat dua posko dapur umum yang terletak di masing-masing jorong, demi memenuhi kebutuhan sumber makanan bagi warga yang terdampak banjir.

Alfian Abas mengapresiasi pembuatan posko penanganan bencana dan dapur umum, serta penanganan sementara sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian masyarakat dalam menghadapi musibah atau bencana ini.

Ia juga mengimbau seluruh warga jadikan musibah banjir ini semakin membuat kita mendewasakan diri, semakin meninggikan derajat di sisi Tuhan dan semakin menguji iman kita.

“Marilah kita perlakukan alam ini dengan baik dengan berbagai cara, seperti menjaga kelestarian alam,” katanya.

Kedepannya, untuk meminimalisir bencana alam serupa, DPRD merekomendasikan kepada pemerintah daerah agar melaksanakan normalisasi aliran Sungai Batang Harau dari sedimentasi.

Selanjutnya, DPRD juga menekankan perlunya koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai tentang pembangunan bantaran Sungai Batang Harau, karena keberadaan sungai ini bertepatan dalam lokasi daerah wisata ke Lembah Harau.

Para ibu kader yang bertugas memasak makanan di posko dapur umum tersebut secara serentak mengucapkan terima kasih banyak kepada dewan tersebut. “Semoga Allah membalasnya,” (*)

Exit mobile version