Pertama Kali Digelar, Pemdes Sikapak Timur Laksanakan Pelatihan Tahsin Al-Qur’an Bagi Perangkat Desa dan Masyarakat

PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Desa (Pemdes) Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, melaksanakan pelatihan Tahsin Al-Qur’an di Masjid Taqwa Sikapak Timur pada Rabu dan Jumat selesai Magrib dan Isya.

Kegiatan yang dilaksanakan baru pertama kali ini dianggarkan pada tahun 2023. Pelatihan Tahsin Al-Qur’an ini wajib diikuti perangkat desa, guru mengaji (MDA), guru PAUD, kader posyandu, ibu-Ibu PKK, serta pemuda pemudi dan masyarakat.

Kepala Desa Sikapak Timur, Syawirman menyampaikan bahwa Tahsin Al-Qur’an merupakan program desa dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an.

Menurutnya, pelatihan Tahsin Al-Qur’an ini nantinya akan mampu memperbaiki, memperkaya dan sekaligus memperkuat penyempurnaan terkait hal-hal lafaz pengucapan huruf-huruf Al-Qur’an.

”Kebanyakan dari kita, mungkin sudah pandai membaca Al-Qur’an, tetapi belum tentu bacaan kita dalam melafazkannya itu benar, makanya kita memperbaiki bacaan. Setiap kita membaca Al-Qur’an satu huruf itu dinilai sebagai pahala di sisi Allah,” katanya.

Lebih lanjut Syawirman menyampaikan, pelatihan yang diadakan dua kali seminggu ini juga merangkul adik-adik dari pemuda pemudi yang ada di desa ini untuk mengurangi kegiatan, seperti bermain gadget.

“Oleh karena itu, kami dari Pemerintah Desa Sikapak Timur berharap kedepannya melalui pelatihan ini kita mampu menjaga lidah dari kesalahan ketika membaca Al-Qur’an dan mempelajari beberapa tajwid,” tutur Syawirman. (*)

Exit mobile version