Mantap! Nagari Salayo Raih Lencana Nagari Mandiri

KABUPATEN SOLOK, HARIANHALUAN.ID – Berkat kegigihan dan komitmen dalam perubahan dan perbaikan, Nagari Salayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, meraih Lencana Desa Mandiri tahun 2023.

Penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi itu diberikan pada Jumat (29/12/2023) lalu.

Wali Nagari Salayo, Ronal Reagen menuturkan, sejak ia dilantik memimpin nagari itu pada (20/1/2020) lalu, ia berkomitmen untuk memperbaiki sistem pemerintahan yang kurang mendapat citra baik dalam masyarakat.

“Citra dan pandangan yang kurang baik ini kita komitmen bersama seluruh elemen nagari untuk memperbaikinya dan melakukan perubahan,” katanya.

Perubahan itu, sebutnya, diawali dengan sistem pelaporan administrasi nagari yang sangat bermasalahi. Penetapan APBNag yang tepat waktu sebelum akhir tahun yang kurang konsisten dan efektif.

“Pelaporan sering molor, sehingga pelaksanaan kegiatan juga jadi terbengkalai. Sampai pelayanan yang tidak baik, serta proses pembangunan yang sesuai kebutuhan,” tuturnya lagi.

Nagari Salayo berkat koordinasi dan komitmen semua pihak, katanya, perlahan bangkit dengan pelayanan yang memuaskan. Pelaporan tepat waktu dan pembangunan yang sangat pesat dan berjalan lancar dengan dana nagari, dan pemerintah pusat.

“Bahkan perbantuan dari pemerintah pusat sering mengalir ke nagari. Makin optimal pula pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat. Salayo pada akhir tahun 2023 mendapatkan Lencana Nagari Mandiri,” ujarnya. (*)

Exit mobile version