Luncurkan Program Saber, Wali Nagari Lareh Nan Panjang Libatkan Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Nagari Lareh Nan Panjang

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Sebagai wujud menjaga keindahan lingkungan sekitar dengan bersih, indah dan nyaman, Pemerintah Nagari Lareh Nan Panjang meluncurkan program Sapu Bersih (Saber), Kamis (1/2/2024).

Wali Nagari Lareh Nan Panjang, Muskinta menyebutkan, tujuan dari program saber ini merupakan pilot project untuk memupuk kebersamaan kembali dalam bermasyarakat. “Dangan semangat jiwa sosial tinggi dan kesadaran dalam menjaga lingkungan yang bersih, keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, tentu kegiatan ini merupakan kegiatan yang telah lama dilakukan oleh orang orang tua kita dulu dan ini harus dilestarikan supaya bisa dipertahankan terus,” katanya.

Muskinta juga menerangkan, memang sebelumnya program ini sudah mulai tidak ada gairahnya akhir-akhir ini. Jadi, pihaknya kembali mengalakkan dan dirancang, serta digagas untuk menjadi program setiap bulannya nanti.

Goro massal kali ini, yaitu dengan tema “Sapu Bersih, merupakan kegiatan yang sebelumnya telah dimusyawarahkan kepada lembaga dan unsur yang ada dalam nagari. Hari ini ramai yang mengikuti kegiatan yang diinisiasi tersebu. Hadir pada kegiatan itu bamus nagari, wali korong, karang taruna, LPM, PKK, kader dalam nagari dan seluruh unsur masyarakat.

“Target kita bagaimana memberikan edukasi perihal kebersihan lingkungan serta keakraban sesama masyarakat, dan semoga ini bisa terus dipertahankan. Adapun target yang ingin kita capai, bagaimana area jalur utama bisa bersih dan terlihat rapi saat kita melintasi jalan yang ada dalam nagari sampai ke pekarangan rumah masing-masing. Kita akan upayakan terus dan memberikan pemahaman kepada masyarakat,” ujar Muskinta.

Muskinta selaku wali nagari mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang terlibat dalam pembangunan nagari, semoga ke depan terus meningkat dan terus maju baik dari segi investasi, ekonomi dan pariwisata kedepannya.

Edison, salah satu ketua pemuda dan wakil karang taruna nagari mengatakan, kegiatan hari ini merupakan hal yang sangat positif dan sangat membangun sosial yang tinggi. “Kami sangat bangga dan akan terus mensupport apapun kegiatan yang dilakukan pak wali nagari kami, yaitu Pak Muskinta yang telah menggagas dan menginisiasi kegiatan hari ini. Ini positif dan terus dilanjutkan,” ujarnya.

Ketua PKK Nagari Risa menambahkan bahwa kegiatan saber kali ini merupakan program sangat positif, dimana apa yang diinisiasi oleh wali nagari sejalan kegiatan yang ada di PKK Nagari. “Jadi kita support dan gerakan bersama untuk kemajuan nagari,” ucapnya. (*)

Exit mobile version