Peringati Bulan K3 Nasional Tahun 2024, PT BPP Sungai Aur Tonjolkan Produk Unggulan Nagari

Nagari Sungai Aur

SUNGAI AUA, HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Nagari Sungai Aua turut serta dalam memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2024, dengan menggelar berbagai kegiatan di PT BPP Sungai Aur.

Stand Pemerintahan Kecamatan Sungai Aur, menjadi pusat perhatian dengan menampilkan produk unggulan nagari, termasuk produksi gula merah dari kelapa sawit. Pameran yang berlangsung di PT BPP Sungai Aur, menjadi bukti nyata partisipasi Pemerintah Nagari Sungai Aua dalam mendukung program K3 nasional.

Dalam rangkaian kegiatan ini, beberapa produk unggulan nagari dipamerkan, dengan fokus utama pada gula merah kelapa sawit. Produk tersebut tidak hanya mencuri perhatian pengunjung, tetapi juga cepat ludes, karena tingginya minat masyarakat.

Salah satu daya tarik utama stand Pemerintahan Kecamatan Sungai Aur adalah lidi sawit, sebuah unit usaha dari Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Sungai Aua Madani. Produk turunan dari lidi sawit ini diolah menjadi piring dan berbagai kerajinan tangan menarik. Keberagaman produk menunjukkan potensi ekonomi nagari yang patut diperhitungkan.

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi hadir untuk membuka secara resmi kegiatan Bulan K3 Nasional tahun 2024 di PT BPP Sungai Aur. Dalam sambutannya, Hamsuardi menekankan pentingnya budaya K3 dalam setiap aspek kehidupan.

Beberapa poin penting yang disampaikan Bupati Hamsuardi, yakni pertama, budayakan K3 dimana masyarakat diajak untuk menginternalisasi budaya keselamatan dan kesehatan kerja dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, Indonesia Bangkit dari Keterpurukan Ekonomi, pemerintah memberikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang berhasil bangkit dari keterpurukan ekonomi, dengan sektor UMKM nagari sebagai salah satu pilar utama.

Ketiga, peningkatan BPJS Ketenagakerjaan, berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan angka kepesertaan terus meningkat, menandakan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perlindungan tenaga kerja.

Keempat, peningkatan Budaya K3, menurut data K3 perlu peningkatan dalam implementasi budaya keselamatan dan kesehatan kerja, untuk mencapai lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Dan terakhir, peran Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Ketenagakerjaan diakui sebagai pionir dalam memberikan terobosan pada budaya K3, memberikan arahan dan dukungan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2024 di PT. BPP Sungai Aur menjadi momentum penting untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja, dalam memajukan sektor UMKM nagari. Produk-produk unggulan nagari menjadi simbol potensi ekonomi yang dapat terus dikembangkan melalui budaya K3 yang terintegrasi. (*)

Exit mobile version