Dosen PNP Kenalkan Keunggulan Carbon Fiber Reinforced Polymer sebagai Bahan Retrofit Struktur Rumah Tinggal

OLEH: MAFRIYAL Dkk

Oleh: Mafriyal, dkk

HARIANHALUAN.id – Pengabdian masyarakat telah dilakukan pada kelompok masyarakat Nagari Koto Marapak, Padang Pariaman oleh tim pengabdian dari dosen jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang (PNP). Kegiatan ini dilaksanakan dengan mensosialisasikan carbon fiber reinforced polymer sebagai bahan retrofit struktur rumah tinggal.

Carbon fiber reinforced polymer (CFRP) adalah bahan komposit yang diperkuat serat. Keunggulan bahan ini memiliki rasio power-to-weight yang tinggi, dapat menahan korosi, tidak berkarat, memiliki daya tahan yang sangat baik dan nyaman untuk dipasang dan digunakan.

Bentuk CFRP yang sering digunakan berbentuk laminateplate dan sheetfabric lembaran. Pengggunaan laminateplate lebih efektif dan efisien untuk peningkatan kapasitas lentur pada balok, pelat, dan dinding, sedangkan penggunaan sheet atau lembaran lebih efektif dan efisien untuk perkuatan geser pada balok serta meningkatkan kekuatan tekan dan kekakuan kolom karena bersifat sebagai pengganti tulangan.

Serat CFRP

Kekuatan tarik mekanis CFRP hingga 10 kali lipat dari tulangan konvensional. Kemampuan CFRP dalam pekerjaan perkuatan struktur dapat memperkuat beban struktur (load capacity), meningkatkan beban hidup (live load), perkuat struktur (structural steering), perbaiki konstruksi yang tidak standar (non-standard construction fixing), perkuat ketahanan gempa (seismic stronging).

CFRP sering dipakai untuk renov karena bersifat: ringan, mudah dipasang, tidak berkarat, arsitektur tidak berubah, lebih banyak daya daripada baja bertulang, pemasangan cepat, tidak menghambat pergerakan selama pemasangan.

Kemampuan perkuatan struktur beton dengan CFRP:

CFRP dapat digunakan untuk memperbaiki konstruksi yang tidak standar dengan perkuatan struktur beton dalam banyak kasus sebagai berikut:

Dari segi pelaksanaannya cepat dan mudah, tidak membutuhkan area kerja yang luas, tidak memerlukan joint meskipun bentang yang diperkuat cukup panjang.

Dengan penggunaaan carbon fiber reinforced polymer pada retrofit struktur rumah tinggal, akan memenuhi persyaratan kekuatan, kekakuan, ringan, dan ketahanan terhadap fatigue dan dapat meningkatkan kapasitas geser dan lentur struktur hingga 150% sehingga aman terhadap keruntuhan dan dapat meminimalisir resiko gempa.

Perkuatan struktur beton dengan carbon fiber reinforced polymer (CFRP) memiliki rasio power-to-weight yang tinggi, dapat menahan korosi, tidak berkarat, memiliki daya tahan yang sangat baik dan nyaman untuk dipasang dan digunakan. (*)

Exit mobile version