Dorong Peningkatan Layanan Pengelolaan Homestay Pantai Air Manis, Tim Pengabdian Dosen D4 Destinasi Pariwisata PNP Gelar Pelatihan

PADANG, HARIANHALUAN.ID– Tim pengabdian dosen Politeknik Negeri Padang (PNP) menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengelola Homestay bagi anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Air Manis Kota Padang Minggu (28/7/2024) kemarin.

Kegiatan pelatihan yang diikuti belasan pengelola Homestay dan anggota Pokdarwis Pantai Air Manis ini, dipimpin langsung oleh Dosen Prodi D4 Destinasi Pariwisata Zengga, S.ST., M.Par selaku Ketua, serta beranggotakan Rifdatul Husna, S.ST., M.Par dan Windy Della Sari, S.ST.Par.,M.Par dan juga salah satu mahasiswa Destinasi Pariwisata yang bernama Alkahfi Putrama.

Ketua Pengabdian dosen PNP di Pantai Air Manis, Zengga dalam pemaparannya menyampaikan, pengelola Homestay merupakan salah satu ujung tombak penggerak aktivitas pariwisata di destinasi wisata.

“Oleh karena itu pengelola Homestay harus memiliki pengetahuan serta keterampilan yang cukup dalam mengelola maupun melayani wisatawan yang singgah untuk menginap,” ujarnya.

Zengga menjelaskan, Homestay pada dasarnya merupakan rumah tinggal yang sebagian kamarnya disewakan kepada tamu dalam jangka waktu tertentu untuk mempelajari budaya setempat maupun rutinitas tertentu.

Berangkat dari pengertian itu, tamu yang menginap di Homestay sudah seharusnya diberikan kesempatan untuk terlibat langsung dalam rutinitas aktivitas sosial kemasyarakatan maupun budaya yang dilakukan tuan rumah bersama masyarakat sekitar.

“Hal ini sering tidak dipahami pengelola Homestay. Kebanyakan mereka menganggap Homestay itu sama dengan hotel atau rumah kos. Padahal dari segi pengertian semua itu jelas berbeda,” jelasnya.

Sebagai bagian dari akomodasi daya tarik destinasi wisata, keberadaan Homestay perlu didukung dengan ketersediaan event atau daya tarik atraksi wisata yang memberikan pengalaman menarik tidak terlupakan bagi wisatawan.

“Untuk itu Homestay yang beroperasi sebaiknya harus terdaftar dalam anggota seksi bidang Homestay yang berada di bawah naungan langsung kelembagaan Homestay setempat,” ucapnya.

Selain mendapatkan edukasi soal manajemen dan tata kelola Homestay yang baik dan benar, pada pelatihan saat itu, tim pengabdian dosen PNP juga membagikan aneka tips menarik soal promosi dan pemasaran Homestay .

Disamping itu, para peserta juga mendapatkan materi pelatihan khusus untuk menghadapi komplain ataupun keluhan yang sewaktu-waktu bisa saja disampaikan tamu yang menginap.

“Kegiatan ini merupakan ikhtiar kami untuk mendorong terciptanya tata kelola Homestay yang baik serta memberikan kepuasan maksimal bagi wisatawan yang datang ke Sumatra Barat, Khususnya ke destinasi wisata Pantai Air Manis,” pungkas Zengga mengakhiri. (*).

Exit mobile version