Perubahan Cara Pandang dan Peradaban Suatu Bangsa

OLEH: DILLA SPd (GURU SMP ISLAM AL ISHLAH BUKITTINGGI)

Oleh, Dilla, S.Pd.

Guru SMP Islam AL-IShlah Bukittinggi

Internet telah mengubah segalanya,  cepat atau lambat, bentuk lain selain media digital akan menjadi masa lalu. Semua tidak akan hilang, namun akan dijalani seperti kita menjelang masa depan.

Saat ini kita hidup di zaman digital,  generasi yang ada pun merupakan generasi digital yang serba instan dan manut dengan kemajuan teknologi. Era digital disebut juga dengan media baru. Yaitu istilah yang digunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khusunya teknologi informasi komputer. Dimana kehidupan manusia dipengaruhi dengan adanya internet. Atau kemampuan manusia untuk menerima informasi melalui situs digital yang sangat cepat. Hanya dengan hitungan menit bahkan detik kita bisa menerima dan mengakses berbagai informasi di mana saja dan kapan saja. Pada dasarnya ini semua mempermudah gerak dan pekerjaan manusia.

Menurut Wikipedia, era digital biasa juga disebut dengan globalisasi. Yaitu, proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya yang banyak disebabkan oleh kemajuan infrastruktur telekomunikasi, transportasi dan internet.

Perkembangan media digital saat ini memang membawa perubahan yang sangat signifikan bagi perkembangan zaman di abad ini. Tidak di Negara kita saja, bahkan dengan adanya digitalisaasi ini mengubah cara pandang dan peradaban suatu bangsa. Semua informasi dapat diakses dan diketahui oleh semua khalayak, tidak terkecuali semua orang di berbagai pelosok negeri dengan syarat sinyal internet sampai ke daerah tersebut.

Dengan adanya era digital ini menyebabkan perubahan di berbagai lini kehidupan. Baik dari sistem, cara kerja dan gaya hidup manusianya. Sekarang ini gaya hidup manusia tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi menjadi hal primer dalam kehidupan manusia. Semua pekerjaan manusia sekarang ini diganti dan ditunjang oleh benda-benda elektronik ini. Era digital ini membawa perubahan yang sangat baik bagi kehidupan manusia, banyak dampak positif dengan munculnya era ini.

Era digital muncul dengan adanya internet sebagai penunjang utamanya.  Media baru digital ini memiliki karakteristik dapat dimanipulasi dan bersifat jaringan, jadi harus bermain dengan sinyal. Kemampuan media baru ini memudahkan masyarakat dalam menerima informasi, kemampuan media digital ini mengubah cara pandang orang dalam bekerja. Bahkan sekarang di media massa cetak, telah berbondong-bondong pindah haluan ke media digital.

Dengan adanya media digital ini tidak perlu lagi ada biaya cetak atau tenaga dalam mendistribusikan medianya. Karena dimana saja orang bisa mengakses informasi ini. Hanya butuh jaringan internet, sinyal yang kuat dan pastinya kuota internet yang harus stenbay di mana saja dan kapan saja.

Menghadapi era digital ini bukanlah masalah siap tidak siap atau mungkin dan tidak mungkin. Namun sebuah konsekuensi teknologi yang terus bergerak ibarat arus laut yang terus berjalan di tenag-tengah arus kehidupan manusia. Maka tidak ada pilihan lain selain menguasai dan mengendalikan teknologi ini dengan benar agar bisa memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kehidupan manusia ke depannya.

Apa manfaat adanya media digital ini? Sangat banyak tentunya, diantaranya adalah penggunaan kertas yang bisa diminimalkan, tenaga kerja yang tidak begitu banyak dan bisa dialihkan untuk pekerja digital.

Dalam penyimpanan dokumen pun di media digital ini lebih mudah dan tidak memakai ruang. Sumber informasi pun bisa didapat dari mana saja, tanpa sang wartawan menuju daerah atau tempat tujuan yang diinginka. Mereka bisa melalui saluran telepon saja untuk mendapatkan informasi atau menghubungi orang-oarang di daerah terdekat. File atau dokumen yang dikumpulkan pun bisa diakses baru lagi dengan embuat e-Book. Apa itu? Buku elektronik yang bisa dibuka dan diakses dimana saja dan kapan saja bagi penggunanya.

Era digital ini menyimpan berbagai kemudahan bagi kehidupan manusia, namun demikian pemakainya tentu harus dikontrol dan diawasi. Apalagi bagi para milenial dan generasi Z,  jika mereka dibiarkan dengan gawainya, maka mereka tidak akan kenal waktu.

Kenapa? Karena gawai, salah satu produk digital ini bisa menimbulkan kecanduan bagi pemakainya jika tidak diawasi, apalah lagi bagi anak-anak generasi saat ini. Sudah tugas kita semua sebagai orangtua, guru, dan masyarak untuk memberikan perhatian dan juga arahan bagi generasi ini, yang sudah pasti tidak akan bisa lepas dari teknologi digital ini. (*)

BIODATA PENULIS

Dilla, S.Pd. anak kedua pasangan Bapak H. Daniel dan Ibu Hj.  Nurhaimi, Lahir di Bukittinggi, pada tanggal 8 Juni 1981. Beralamat di Jl. H. Abdul Manan No. 49, Simpang Guguk Bulek, Bukittinggi. Sekarang berprofesi sebagai Guru di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Menamatkan Kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia UNP  pada tahun 2004. Penerima anugerah litrasi dengan kategori penulis karya ilmiah populer terbanyak di tahun 2021 ini adalah seorang Alumni SMA 3 Bukittinggi. Ibu muda ini bisa dihubungi melalui email, dillaspd6@gmail.com, Ig; @dillaspd, Fb; Espede Dilla dan nomor Wa; 081363320742. Bisa juga membaca tulisannya melalui blog; dillaspd.my.id
Exit mobile version