Kirab Pemilu 2024: Ini Rangkaian Kegiatan KPU di Tanah Datar

Kirab Pemilu 2024: Dari Bukittinggi ke Tanah Datar

HARIANHALUAN.id – KPU Bukittinggi menyerahkan bendera Kirab Pemilu 2024 kepada KPU Kabupaten Tanah Datar. Acara serah terima dilakukan di Lapangan Cindua Mato Batusangkar dengan dihadiri oleh Bupati Tanah Datar, Ketua KPU Tanah Datar Dicky Andrika, Ketua Bawaslu, Forkopinda Tanah Datar, Ketua Partai Politik, dan PPK serta PPS se-Kabupaten Tanah Datar.

Kirab Pemilu 2024 adalah kegiatan sosialisasi dan edukasi pemilih yang dilakukan oleh KPU se-Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam Pemilu 2024 yang akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya, Dicky Andrika yang baru dilantik menjadi Ketua KPU Tanah Datar pada Jumat (16/6/2023) lalu, mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana kegiatan Kirab Pemilu 2024. Ia juga menyampaikan bahwa KPU Tanah Datar telah membuka layanan HELPDESK yang akan membantu masyarakat terkait dengan informasi dan pengaduan tentang Pemilu 2024.

Setelah acara serah terima bendera Kirab Pemilu 2024, KPU Tanah Datar akan melaksanakan beberapa agenda sosialisasi di berbagai tempat dan kelompok masyarakat. Berikut adalah jadwalnya:

RABU, 28 JUNI 2023

Sosialisasi dengan tema “Grebek Pasar” di Sungai Tarab. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang Pemilu 2024 kepada para pedagang dan pembeli di pasar.

JUMAT, 30 JUNI 2023

Sosialisasi dengan kader posyandu di kantor camat Lintau Buo Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang Pemilu 2024 kepada para kader posyandu yang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat.

SABTU, 01 JULI 2023

Sosialisasi dengan pemilih pemula di SMAN 3 Batusangkar. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang Pemilu 2024 kepada para siswa-siswi yang akan menggunakan hak pilihnya untuk pertama kalinya. Kegiatan ini dilanjutkan dengan tomba panjat pinang di Lubuak Soda, X Koto sebagai bentuk hiburan dan apresiasi.

MINGGU, 02 JULI 2023

Senam zumba di Lapangan Cindua Mato. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat berolahraga sekaligus menyampaikan informasi tentang Pemilu 2024. Kegiatan ini dilanjutkan dengan arak-arakan sosialisasi pemilu dengan partai politik peserta pemilu seputaran kota Batusangkar sebagai bentuk sinergi dan kerjasama.

SENIN, 03 JULI 2023

Acara puncak Kirab Pemilu 2024 di Tanah Datar dengan mengantarkan bendera Kirab Pemilu ke Kota Sawahlunto. Kota Sawahlunto adalah kota berikutnya yang akan menjadi tujuan Kirab Pemilu 2024 setelah Tanah Datar.

Kirab Pemilu 2024 diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024. Mari kita sukseskan Pemilu 2024 dengan menggunakan hak pilih kita secara cerdas dan bertanggung jawab! (*)

Penulis : Ilham Wahyuni

Exit mobile version