Apa target besar dari upaya pengembangan wisata Sumbar yang hendak dicapai?
Kami berharap menjadi titik awal terbangunnya kesadaran bersama, sinergi, serta kolaborasi antar stakeholders untuk benar-benar serius, serta konkrit dalam mengembangkan sektor pariwisata Sumbar.
Target akhir yang diharapkan tentunya ekonomi Sumatra Barat dapat kembali tumbuh tinggi dan berkelanjutan, sehingga kesejahteraan masyarakat Sumbar dapat meningkat (tingkat kemiskinan dan kesenjangan/ketimpangan pendapatan dapat dikurangi).
Bagaimana skenario dan strategi “VBWS 2023”?
Dalam rangka menyongsong VBWS 2023 untuk menjadikan Sumbar sebagai daerah destinasi wisata unggulan, kami merekomendasikan strategi. Mulai dengan fokus pada penguatan brand image. Pemda perlu sangat clear memposisikan diri dalam bersaing dengan daerah lain, yaitu berfokus menjadikan “brand” Sumatra Barat identik dengan pariwisata. Tujuannya adalah menguatkan positioning, sehingga Sumbar menjadi top of mind pariwisata masyarakat dibandingkan daerah lain.
Kemudian kejelasan segmentasi wisatawan. Pengembangan pariwisata Sumbar harus berangkat dari motif berwisata wisatawan.
Selanjutnya strategi promosi efektif yang terpadu. Pemda Sumbar dapat mencontoh strategi promosi yang biasanya dilakukan oleh perusahaan, yaitu strategi terkonsep yang sentralisasi dan terpadu.