PHRI telah menyiapkan program pelatihan terkait pelayanan dan servis untuk restoran dan hotel nonbintang, agar memberikan pelayanan yang maksimal menyambut wisatawan.
Ini juga berangkat dari tagline Sumbar Ramah dan Bersih, kita terjemahkan untuk melakukan training pelayanan di restoran dan non bintang agar bisa meningkatkan pelayanan sesuai SOP. Semoga bisa kita segera realisasikan dengan mengunjungi setiap hotel-hotel terkait.
Apa yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah untuk membangkitkan kembali sektor perhotelan?
Kami dari PHRI meminta pemda untuk banyak mengangkatkan iven-iven di Sumbar. Setidaknya satu kali dalam dua bulan. Hal itu juga akan turut meningkatkan okupansi hotel dan penggunaan jasa-jasa tour travel dan paket-paket wisata.
Kita berusaha menciptakan daya tarik untuk berkunjung ke Sumbar. Dan intinya harus kolaborasi. Kalau kita PHRI sebagai pelaku usaha pariwisata, menganggap pemerintah itu bisa bersinergi, terlebih sekarang zamannya kolaborasi.
Jadi, swasta dan pemerintah kita harus bergandeng tangan bersama, agar apa yang kita programkan bisa terlaksana, terbantu dan kunjungan wisatawan ke Sumbar bisa naik kembali. (*)