Rakernas Kemenag, Kakanwil Kemenag Sumbar Siap Jalankan Amanat Menag

HARIANHALUAN. Id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar H. Helmi mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenag tahun 2023 di Surabaya.

Rakernas dibuka Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Sabtu (4/2/2023), dengan tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”.

Kakanwil Kemenag Sumbar saat dihubungi mengemukakan dalam rakernas tersebut Menag  memberikan pesan kepada seluruh jajarannya di wilayah tanah air terkait tentang bagaimana menjaga kerukunan antar umat beragama dalam menyongsong tahun politik.

Pada tahun 2023 dideklarasikan oleh Menag sebagai Tahun Kerukunan Umat Beragama. Dalam menyongsong tahun politik, Menag berpesan agar seluruh jajarannya ikut berupaya dalam mencegah politisasi agama di rumah ibadah dan lingkungan masyarakat sebab sudah menjadi tugas aparatur sipil negera (ASN) Kemenag untuk memastikan kerukunan umat tetap terjaga baik di tahun politik.

Menag juga meminta seluruh jajaran Kemenag untuk dapat memberikan respons cepat, jelas, detail, serta tepat atas semua isu dan masalah keagamaan yang terjadi di tengah masyarakat. Respons cepat sangat penting karena selain dapat menenangkan publik, juga merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat.

Hal lain yang juga ditekankan yaitu profesionalisme ASN, komitmen anti korupsi, realisasi program prioritas, dan target 10 juta sertifikasi halal.

Helmi meminta seluruh jajaran Kemenag di Sumbar  untuk menindaklanjuti amanat Menag tersebut dengan fokus bekerja serta menjadikannya prioritas dalam pelaksanaan program kerja di tahun 2023.

Acara ini dihadiri peserta dari unsur Pejabat Unit Eselon I, II, III, dan IV Kemenag Pusat, Staf Ahli, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menag, Pimpinan PTKN, dan Kepala Kanwil Kemenag.

Bergabung secara daring dalam Rakernas yang akan berlangsung dua hari, 4-5 Februari 2023, para Kepala Kankemenag kabupaten/kota dan pejabatnya di seluruh Indonesia. (aye) 

Exit mobile version