NasDem Sumbar Targetkan 10 Kursi DPRD Provinsi dan 100 Kursi DPRD Kabupaten Kota di Pileg 2024

HARIANHALUAN.ID – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sumatra Barat (Sumbar) menargetkan meraih meraih 10 kursi Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan 100 kursi DPRD kabupaten kota pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

Sekretaris Partai NasDem Sumbar, Ardyan mengatakan bahwa 10 kursi DPRD provinsi ini merupakan target dari DPP NasDem yang harus dicapai bersama. Begitu juga dengan target 100 kursi DPRD kabupaten kota yang seluruh dapil diharapkan dari 88 dapil yang ada tersebut semuanya dapat terisi.

“Saat ini kita tengah mempersiapkan dan membangun strategi untuk mencapai target tersebut. Kami optimis dan percaya diri target ini bisa kami tercapai,” ujarnya, Rabu (31/8/2022).

Untuk mencapai semua target tersebut, kata Ardyan, pihaknya saat ini tengah melakukan penguatan, basis Nasdem ditingkat ranting, yang di setiap ranting ada Kader Militan (Kamil) yang akan menjadi ujung tombak dari partai untuk menjaga dan mendulang suara.

Ardyan mengatakan, kepercayaan diri tersebut muncul karena partainya mengusung Anies Baswedan untuk menjadi calon Presiden RI di Pilpres mendatang bersama dengan Ganjar Pranowo dan Jenderal Andika.

“Untuk Sumbar tentu nama Anies Baswedan yang akan kita apungkan,” ujarnya lagi.

Lebih jauh Ardyan menyampaikan bahwa dalam Pemilu 2019 Partai NasDem berhasil mendudukkan tiga kader di DPRD Sumbar. Hal ini diakui, karena partainya mendukung Joko Widodo dan Maaruf Amin sebagai calon Presiden kala itu.

“Ini yang membuat capaian suara partai berkurang dan diharapkan saat mendukung Anies Baswedan akan mendapatkan surplus suara dalam Pileg mendatang,” katanya.

Tidak hanya itu, sambungnya, sejak terpilihnya pengurus DPW Nasdem yang diketuai Fadly Amran, pihaknya terus melakukan penguatan struktur partai baik di tingkat provinsi, kota dan kabupaten, ranting hingga kelurahan, nagari serta jorong dan korong.

“Kita bangun basis partai hingga lapisan masyarakat paling bawah dilibatkan, sehingga memunculkan massa partai untuk memenangkan Pileg di Sumbar. Kemudian juga fokus menambah kekuatan dari kalangan milenial yang menjadi jumlah pemilih berpotensi dalam Pileg 2024 nanti,” katanya.

Ardyan menambahkan, NasDem juga menargetkan ada dua kader partai yang diantarkan ke DPR RI, satu dari daerah pemilihan Sumbar 1 dan satu kader dari dapil Sumbar 2. Menurutnya, dalam kondisi normal sebenarnya NasDem mampu meraih dua kursi DPR RI dan semoga dengan keberadaan Anies Baswedan nanti ada tambahan suara yang besar.

“Kita (NasDem) di 2019 meloloskan satu kader di DPR RI dan logis rasanya jika ada dua kader yang duduk di sana pada 2024,” ucapnya. (*)

Exit mobile version