Survei FIXPOLL : Muhaimin dan LaNyalla Cawapres Potensial Asal Jawa Timur

Rilis Survei dilakukan di Hotel Tamarin, Menteng Jakarta Pusat (31/5). IST

JAKARTA, HARIANHALUAN.ID — Pemilihan Presiden yang dijadwalkan terlaksana Februari 2024 nampak semakin dinamis, tidak hanya perbincangan tentang capres yang hangat, perbincangan tentang cawapres juga tidak kalah hangatnya. Terbaru, hasil survei FIXPOLL Indonesia memperlihatkan tingginya sentimen masyarakat Jawa Timur yang menginginkan Figur Jawa Timur maju sebagai cawapres 58,1 persen. Ada empat figur asal Jawa Timur yang potensial maju sebagai cawapres pada pilpres 2024, mereka adalah Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, Khofifah Indar Parawansa, dan LaNyalla Mattalitti.

Keempat figur asal Jatim Tersebut memiliki tingkat popularitas yang tinggi di atas 50 persen,    detailnya adalah sebagai berikut: Mahfud MD 65 persen, Muhaimin Iskandar 52,7 persen, Khofifah Indar Parawansa 59,7 persen, LaNyalla Mattalitti 51,2 persen, AHY 39,6 persen, dan Moeldoko 29,1 persen.

Dari segi kesukaan publik, keempatnya memiliki tingkat kesukaan yang cukup tinggi. Mahfud MD merupakan figur asal Jatim dengan tingkat kesukaan tertinggi 55,1 persen, Khofifah Indar Parawansa 44,2 persen, Muhaimin Iskandar 40,5 persen, LaNyalla Mattalitti 33,7 persen, Moeldoko 29,1 persen, dan AHY 22,1 persen.

Sementara itu, keempatnya juga memiliki peluang yang bagus ketika dipasangkan sebagai cawapres dari tiga poros yang sudah mengemuka, saat Mahfud disimulasikan sebagai cawapres Ganjar 24,7 persen, dengan Prabowo 27,7 persen, dengan Anies 21,1 persen. Ketika Muhaimin disimulasikan sebagai cawapres Ganjar 21,3 persen, dengan Prabowo 17,1 persen, dengan Anies 13,7 persen. Ketika Khofifah disimulasikan sebagai cawapres Ganjar 14,6 persen, Prabowo 15,8 persen, Anies 16,3 persen. Ketika LaNyalla disimulasikan sebagai cawapres Ganjar 10,6 persen, Prabowo 10,8 persen, Anies 8,2 persen. 

Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia Mohammad Anas RA mengatakan, pada saat yang sama hasil Survei FIXPOLL Indonesia juga menemukan adanya 20-25 persen masyarakat Jawa Timur belum menentukan pilihan dalam pilpres. Jumlah tersebut sangat mungkin akan berpindah ke capres tertentu bila capres tersebut menggandeng figur Jawa Timur sebagai cawapres.

Rilis Survei dilakukan di Hotel Tamarin, Menteng Jakarta Pusat (31/5) yang dihadiri sejumlah narasumber yaitu Jazilul Fawaid Wakil Ketua MPR RI/Fraksi PKB, Erico Sitorduga Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Agoes Purnomo Wakil Ketua Bidang Politik DPP PKS, Muhammad Qoyum Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu DPP PPP. Survei digelar pada 9-16 Mei 2023. (rel)

Exit mobile version