BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – BPJS Kesehatan terus berkomitmen meningkatkan pelayanan yang mudah diakses oleh seluruh peserta melalui berbagai inovasi.
Salah satunya adalah kegiatan BPJS Keliling, yang kembali digelar oleh BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi di Jorong Muaro Putuih, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Rabu (29/10/2025).
BPJS Keliling merupakan sesuatu bentuk nyata pelayanan jemput bola yang mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan administrasi kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Kegiatan kali ini sangat antusias diikuti oleh masyarakat sekitar. Beberapa pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat diantaranya pembaharuan data peserta, pendaftaran sebagai peserta baru, hingga berkonsultasi terkait manfaat layanan JKN.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi mengatakan bahwa BPJS Keliling merupakan salah satu strategi pelayanan yang dikembangkan agar masyarakat dapat memperoleh kemudahan layanan di mana pun mereka berada.
“Melalui kegiatan BPJS Keliling ini, kami ingin memastikan bahwa layanan administrasi JKN benar-benar hadir dekat dengan masyarakat. Kami memahami tidak semua peserta memiliki waktu dan akses yang sama untuk datang ke kantor cabang, oleh karena itu kami hadir langsung ke lokasi-lokasi strategis agar mereka tetap bisa terlayani dengan baik,” kata Haris.
Menurutnya, program BPJS Keliling ini tidak hanya berfokus pada pelayanan administrasi, tetapi juga menghadirkan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga keaktifan kepesertaan dan pemanfaatan kanal layanan digital BPJS Kesehatan.
“Tentu pada kegiatan ini kami sertakan juga Pemberian Informasi Langsung (PIL) kepada peserta JKN yang hadir saat itu. Melalui kegiatan seperti ini, kami harapkan masyarakat semakin paham bahwa untuk mengakses layanan tidak harus datang ke kantor cabang, melainkan bisa dilakukan juga secara daring melalui aplikasi Mobile JKN maupun layanan Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp),” tuturnya.














