BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – Memberikan pelayanan mudah dan cepat selalu menjadi motto dari BPJS Kesehatan kepada peserta JKN. Salah satu upaya untuk memudahkan pelayanan kepada peserta JKN ialah layanan jemput bola seperti BPJS Keliling.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi menjelaskan, BPJS Keliling saat ini merupakan salah satu kegiatan jemput bola yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan kepada masyarakat.
“Kami terus berupaya meningkatkan mutu layanan kepada setiap peserta JKN melalui BPJS Keliling ini. Apalagi BPJS Keliling ini sudah terbukti mampu menjangkau daerah yang jauh dari kantor cabang,” ucap Haris.
Saat ini, BPJS Keliling tengah beroperasi di PT Berkat Sawit Sejahtera (BSS) di Kabupaten Pasaman Barat. Layanan yang diberikan kepada peserta JKN selama BPJS Keliling relatif sama dengan pelayanan yang ada di Kantor BPJS Kesehatan.
“Kehadiran BPJS Keliling ini tentu menjadi suatu kemudahan bagi peserta dalam mengakses informasi seputar JKN. Melalui BPJS Keliling tentunya semua pelayanan administrasi sudah bisa didapatkan layaknya di kantor cabang. Mulai dari pendaftaran kepesertaan program JKN, perubahan data kepesertaan, pengecekan status kepesertaan, permintaan informasi sampai, serta penyampaian pengaduan dan keluhan yang dirasakan oleh masyarakat,” kata Haris.
Ia menceritakan, program BPJS Keliling telah menjelajahi banyak daerah, terkhusus di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi. Selain memberikan kemudahan kepada setiap peserta JKN, tentu juga membawa segudang informasi untuk peserta JKN.
Pemberian Informasi Langsung (PIL), merupakan salah satu metode yang biasa dibawakan ketika melakukan BPJS Keliling. Ia mengimbau peserta JKN agar tidak melewatkan kesempatan ini untuk mendatangi pelayanan BPJS Keliling.
“Mari sama-sama manfaatkan BPJS Keliling ini untuk kemudahan peserta JKN. Semisal ada dari nagari/kelurahan yang ingin mengundang BPJS Kesehatan untuk hadir di daerahnya, tentu kami akan senang hati untuk hadir ke tengah masyarakat. BPJS Keliling sudah menyediakan informasi tersebut,” ujar Haris.
Salah seorang peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang saat ini bekerja di PT BSS Pasaman Barat, Zahary (26) dalam keterangannya menyampaikan bahwa hadirnya BPJS Keliling telah membantunya dalam hal administrasi.
“Kehadiran BPJS Keliling di sini tentu sangat membantu kami. Apalagi seperti kami yang pekerja lapangan tentu sulit mencari waktu untuk mendatangi Kantor BPJS Kesehatan guna pengurusan administrasi,” ucap Zahary.
Selain itu, ia juga dibekali dengan informasi terbaru seputar JKN yakni tentang pelayanan non tatap muka, salah satunya tentang Mobile JKN. Petugas mengarahkan untuk mendownload terlebih dahulu hingga akhirnya ia melihat beberapa fitur di dalamnya.
Zahaey juga mengapresiasi inovasi dalam hal digitalisasi layanan seperti Mobile JKN. Menurutnya, fitur yang terdapat di dalamnya sangat sesuai dengan kebutuhan dan mengikuti perkembangan zaman.
“Saya berharap agar Program JKN ini terus berlanjut adanya hingga banyak masyarakat yang semakin terbantu dengan program ini. Bagi masyarakat Indonesia yang masih belum terdaftar sebagai peserta JKN, mari mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari Program JKN ini. Kita tidak pernah tahu kapan akan sakit, mari sedia payung sebelum hujan,” tuturnya. (*)