BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bukittinggi menggelar kegiatan BPJS Keliling di Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Rabu (2/10/2024).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi mengatakan, BPJS Keliling merupakan salah satu layanan tatap muka untuk memudahkan para peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mengakses layanan administrasi tanpa harus jauh-jauh datang ke Kantor BPJS Kesehatan.
BPJS Keliling mengusung konsep layanan jemput bola yang bertujuan untuk mendekatkan para peserta dengan layanan BPJS Kesehatan. BPJS keliling sengaja diciptakan untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan dari peserta JKN yang tentunya secara cepat, mudah, serta tak perlu mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan.
“BPJS Keliling merupakan salah satu layanan bagi peserta JKN yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan pada Program JKN yang memberikan banyak kemudahan kepada peserta dalam hal administrasi,” katanya.
Pada BPJS keliling, peserta dapat melakukan pengurusan administrasi, seperti pendaftaran peserta baru, perubahan data, perubahan fasilitas kesehatan, informasi mengenai kanal-kanal layanan JKN dan masih banyak lagi.
“BPJS Keliling ini rutin kami selenggarakan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi. Tentunya bukan hanya di desa atau kelurahan saja kami selenggarakan kegiatan ini, tetapi juga di instansi pemerintahan, badan usaha, fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, serta event-event yang mengundang keramaian lainnya,” katanya.
Kegiatan BPJS keliling yang digelar di Nagari Ganggo Hilia, Kabupaten Pasaman, mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Mereka menghampiri petugas yang merupakan perwakilan dari BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi untuk mengurus keperluan administrasi yang mereka butuhkan.
Salah satu warga dari Nagari Ganggo Hilia, Meri Refina (46) mengaku sangat terbantu, karena adanya layanan BPJS keliling yang diadakan di daerah asalnya ini.
Ibu rumah tangga yang akrab disapa dengan Meri ini memanfaatkan layanan BPJS keliling untuk mengecek status kepesertaan JKN-nya dan keluarga.
“Saya sangat bersyukur, karena BPJS Kesehatan telah mengunjungi nagari kami dengan kegiatan BPJS keliling ini. Saya juga turut berpartisipasi dan tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Saya cukup banyak melontarkan pertanyaan kepada petugas untuk mendapatkan informasi tambahan seputar Program JKN,” tutur Meri.
Sementara warga Nagari Gonggo Hilia lainnya, Doni Putra (42) mengungkapkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada masyarakat dalam BPJS keliling sangatlah berkualitas. Ia merasa pelayanan yang diperoleh langsung dari kantor dan BPJS keliling itu sama dan tidak ada perbedaan.
“Saya sangat puas terhadap pelayanan yang saya dapatkan dari kegiatan ini. Saya kira pelayanan yang diberikan ketika datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan dan BPJS keliling ini berbeda, ternyata ketika saya langsung melihat dan mengikuti kegiatan tersebut ternyata pelayanan yang diberikan sama-sama lengkap dan tentunya berkualitas,” ucapnya. (*)