• Index
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Jumat, 27 Januari 2023
05 Rajab 1444
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • Home
  • Utama
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Sumbar
    • Agam
    • Bukittinggi
    • Dharmasraya
    • Kabupaten Solok
    • Kota Solok
    • Limapuluh Kota
    • Mentawai
    • Padang
    • Padang Panjang
    • Padang Pariaman
    • Pariaman
    • Pasaman
    • Pasaman Barat
    • Payakumbuh
    • Pesisir Selatan
    • Sawahlunto
    • Sijunjung
    • Solok Selatan
    • Tanah Datar
  • Opini
  • Pendidikan
  • Hiburan
  • Webtorial
  • Lainnya
    • Entrepreneur
    • Pariwisata
  • Home
  • Utama
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Sumbar
    • Agam
    • Bukittinggi
    • Dharmasraya
    • Kabupaten Solok
    • Kota Solok
    • Limapuluh Kota
    • Mentawai
    • Padang
    • Padang Panjang
    • Padang Pariaman
    • Pariaman
    • Pasaman
    • Pasaman Barat
    • Payakumbuh
    • Pesisir Selatan
    • Sawahlunto
    • Sijunjung
    • Solok Selatan
    • Tanah Datar
  • Opini
  • Pendidikan
  • Hiburan
  • Webtorial
  • Lainnya
    • Entrepreneur
    • Pariwisata
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • Utama
  • Politik
  • Otomotif
  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Sumbar
  • Hiburan
  • Lifestyle
  • Opini
  • Pariwisata
  • Entrepreneur
  • Webtorial
Home

Maladministrasi di Sumbar Kian Subur, Ombudsman Terima 234 Pengaduan Sepanjang 2021

RedaksiRedaksi
Sabtu, 12/3/22 | 19:25 WIB
0
SHARES
ShareTweetSendShare

PADANG, HALUAN — Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) menerima 234 laporan pengaduan maladministrasi terkait pelayanan publik sepanjang 2021 berjalan. Jumlah laporan bisa jadi lebih “mekar” karena diduga sebagian instansi dengan pengaduan yang sedikit, memang tidak menyediakan fasilitas penampung masukan.

BACA JUGA

PLN

PLN Indonesia Power UPDK Bukittinggi Salurkan Bantuan Korban Banjir

Kamis, 26/1/23 | 20:14 WIB
BAZ Tanah Datar

BAZ Tanah Datar Salurkan Bantuan Zakat Muqayyad

Kamis, 26/1/23 | 20:08 WIB

Kepala Keasistenan Pemeriksaan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Meilisa Fitri Harahap mengatakan, hingga 6 Desember 2021 sudah 188 laporan yang diproses pihaknya hingga tahap pemeriksaan. Sementara itu, laporan yang tidak dilanjutkan penanganannya atau ditutup pada tahap penerimaan verifikasi laporan (PVL), tercatat sebanyak 49 laporan.

“Tidak dilanjutkan prosesnya ini karena pelapor tidak melengkapi syarat formil. Selain itu, dari 188 laporan yang diproses, ada 127 laporan yang ditutup setelah pemeriksaan selesai dilakukan,” kata Meilisa saat agenda Evaluasi Penilaian Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik 2021 Ombudsman RI di Hotel Santika Premiere Padang, Jumat (10/12).

Meilisa menyebutkan, hingga triwulan III 2021, klasifikasi maladministrasi yang paling banyak diterima oleh Ombudsman Sumbar adalah pengaduan terkait lembaga pemerintahan/instansi yang tidak memberikan pelayanan, dengan jumlah pengaduan sebanyak 68 laporan.

“Laporan yang kami terima ini seperti pengaduan dari masyarakat yang melakukan permohonan pelayanan, tapi tidak direspons atau tidak ada tindak lanjut dari instansi terkait,” ucapnya.

Klasifikasi kedua, sambungnya, adalah pengaduan terkait penyimpangan prosedur dengan total 35 laporan. Selanjutnya yang ketiga, adalah pengaduan terkait penundaan pelayanan yang berlarut dengan total 29 laporan. Kemudian yang keempat, pengaduan terkait adanya permintaan sejumlah uang dengan total 5 laporan.

Ada pun secara substansi pengaduan, sambung Meilisa lagi, yang paling banyak adalah pengaduan masalah agraria atau pertanahan sebanyak 27 laporan; diikuti masalah kepegawaian/calon ASN sebanyak 22 laporan; perangkat pemerintahan di desa, nagari, dan kelurahan sebanyak 20 laporan; seputar pendidikan 18 laporan.

Selanjutnya, kepolisian dan kesehatan masing-masing 9 laporan; hak sipil 6 laporan, kesejahteraan 5 laporan; perbankan, energi, dan sumber daya masing-masing 4 laporan; perhubungan 3 laporan; ketenagakerjaan 2 laporan; perdagangan, perdilan, dan kejaksaan masing-masing 1 laporan; serta beberapa laporan pengaduan lainnya.

“Pengaduan terkait agraria atau pertanahan tersebar di berbagai daerah, tapi yang terbanyak tetap di Kota Padang. Sebab di Kota Padang masih banyak masalah sengketa tanah. Ada pun pengaduan yang juga cukup banyak tahun ini adalah seputar masalah di perdesaan, yaitu terkait kinerja perangkat nagari, yang diduga ada penyebab faktor politik di dalamnya,” ucap Meilisa.

Meilisa menekankan, sedikitnya pengaduan pada suatu lembaga pemerintahan/instansi belum tentu mencerminkan bahwa layanan publik di lembaga tersebut sudah bagus. Sebab, bisa jadi sedikitnya pengaduan disebabkan tidak tersedianya sarana untuk menyampaikan masukan dan kurangnya partisipasi publik di lembaga tersebut.

“Ini pekerjaan rumah besar bagi kita, dan butuh peran bersama karena yang menjadi pengawas eksternal selain Ombudsman adalah masyarakat. Tidak cukup hanya penyelenggara saja, tapi semua harus berkolaborasi,” ucapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Ombudsman RI M. Najih, didampingi Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Yefni Heriyani mengatakan, diperlukan partisipasi dan dukungan seluruh pihak untuk mengantisipasi terjadinya praktik maladministrasi alias perilaku atau perbuatan melawan hukum dan etika dalam proses administrasi pelayanan publik.

“Sebab maladministrasi ini akan memicu risiko korupsi. Oleh karenanya kehadiran dunsanak Ombudsman dalam menjalankan peran akan memberi penguatan sehingga pelayanan yang optimal dapat terwujud,” tutur M. Najih.

Instansi Diperingkatkan

Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi menyebutkan, tahun ini Ombudsman Sumbar telah menetapkan standar kepatuhan pelayanan pada 19 kabupaten dan kota plus 1 provinsi, serta pada instansi vertikal kementrian dan lembaga di Sumbar.

Dalam menjalankan peran sebagai pelayanan publik dan dalam rangka peningkatan pelayanan publik, Ombudsman akan melakukan review atas penilaian kepatuhan lembaga pemerintahan dan instansi tersebut, yang nanti akan diumumkan secara resmi pada 15 Desember 2021.

“Seperti biasa, pada akhir tahun kita akan melaporkan dua hal. Pertama, terkait angka pengaduan yang masuk ke Ombudsman. Kedua, penilaian atas instasi/lembaga pemerintahan. Apakah nanti ada yang dapat rapor merah, kuning, atau hijau. Apakah ada yang mempertahankan nilai rapor seperti tahun lalu, atau malah ada yang turun,” ucapnya.

Adel juga menyampaikan, bahwa terdapat beberapa tahapan yang dilakukan unit layanan publik, untuk sampai kepada peningkatan layanan publik. Tahap pertama, penyusunan standar layanan, yang menurutnya mesti dilakukan bersama masyarakat sebagai pengguna layanan.

“Temuan Ombudsman selama ini, masih ada yang standarnya berjalan begitu saja atau seenak hatinya saja. Dalam arti, tetap melayani, tapi tidak terukur,” ucap Adel lagi.

Ia menambahkan, juga masih ada instansi atau lembaga pemerintahan yang standar pelayanannya tidak tersedia. Selain itu, ada yang memiliki standar, tetapi dibuat dengan tidak melibatkan masyarakat. “Tahapan kedua yang diperlukan adalah penetapan standar layanan, dan tahapan ketiga adalah mengiplementasikan standar layanan,” ujarnya. (h/yes)

Keyword: Ombudsman RI
ShareTweetSendShare

BACA JUGA

PLN

PLN Indonesia Power UPDK Bukittinggi Salurkan Bantuan Korban Banjir

Kamis, 26/1/23 | 20:14 WIB
BAZ Tanah Datar

BAZ Tanah Datar Salurkan Bantuan Zakat Muqayyad

Kamis, 26/1/23 | 20:08 WIB
Kasatpol PP Kota Padang, Mursalim

Pendaftaran Komcad Dibuka, Minimal Tamatan SMP Berpangkat Kopral

Rabu, 25/1/23 | 21:01 WIB
PDAM Padang

Akibat Banjir, Aliran Air Milik PDAM Padang Alami Gangguan

Rabu, 25/1/23 | 20:34 WIB
Rekomendasi
Pakar epidemiologi Universitas Andalas (Unand) Defriman Djafri dan Direktur RS TMC Pariaman, Kol Purn dr. Farhan Abdullah.

Pakar : Kekebalan Komunal Bakal Ampuh Hadapi Corona Varian Omicron

SIAGA BENCANA —Nagari Bukik Sileh di Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, berada di kaki Gunung Talang yang masih tercatat sebagai salah satu gunung api aktif di Sumbar. Menjelang momentum libur nataru, warga dan pengunjung diminta untuk tidak melakukan aktivitas pendakian ke gunung api aktif, Jumat (10/12). IRHAM

EWS Gunung Api di Sumbar Berfungsi dengan Baik, Warga Diminta Tak Mendaki Saat Nataru

HALUANTERPOPULER

  • Rem Blong, Truk Gilas Enam Mobil dan Dua Motor, Ada Korban Jiwa!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pascalaka Beruntun di Panyalaian, Macet Panjang, Sistem Buka Tutup Jalan Diberlakukan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pusat Perlengkapan dan Kebutuhan Bayi Terlengkap, Miniku Baby Store Hadir di Padang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Babi Hutan Banyak Terkapar, Buru Alek Batipuh Ateh Sukses

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pengertian Sako, Pusako dan Sangsoko di Minangkabau

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jalan Utama Parah, Jalan Alternatif Memprihatinkan! Warga Bertaruh Nyawa Menyeberang Batang Tiku Agam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tragedi Maut di Panyalaian Tewaskan 3 Orang dan 9 Luka-Luka, Ini Penjelasan Kasat Lantas AKP Aldy Lazzuardy!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Piala Gubernur Sumbar, Panitia Turnamen Gelar Rapat Persiapan Teknis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Lapek Barajuik, Kuliner Asli Kampung Aro yang Disukai Gubernur Azwar Anas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pendaftaran Komcad Dibuka, Minimal Tamatan SMP Berpangkat Kopral

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
HarianHaluan.id

HarianHaluan.id

Kantor Redaksi dan Bisnis:
Jln. Prof Hamka (Komp. Bandara Tabing - Lanud St. Syarir) - Kota Padang - Sumatera Barat (25171)

  redaksihaluan.id@gmail.com

  0812 7790 1410
+62 812 7790 1410

  • Agam
  • Breaking News
  • Bukittinggi
  • Dharmasraya
  • Ekonomi
  • Entrepreneur
  • Galeri Foto
  • HALUAN
  • Hiburan
  • INSTITUT TEKNOLOGI PADANG
  • Kaba Ranah
  • Kaba Rantau
  • Kabupaten Solok
  • Kampus
  • Kota Solok
  • Lifestyle
  • Limapuluh Kota
  • Mentawai
  • Olahraga
  • Opini
  • Otomotif
  • Padang
  • Padang Panjang
  • Padang Pariaman
  • Pariaman
  • Pariwisata
  • Pasaman
  • Pasaman Barat
  • Payakumbuh
  • Pendidikan
  • Peristiwa
  • Pesisir Selatan
  • POLITEKNIK NEGERI PADANG
  • Politik
  • Prakiraan Cuaca
  • Ranah & Rantau
  • Sastra Budaya
  • Sawahlunto
  • Sijunjung
  • Solok Selatan
  • Sumbar
  • Tanah Datar
  • Utama
  • Webtorial
  • Index
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber

Copyright © 2022 HarianHaluan.id

Tidak ada hasil
Lihat semua hasil
  • Home
  • Utama
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Sumbar
    • Agam
    • Bukittinggi
    • Dharmasraya
    • Kabupaten Solok
    • Kota Solok
    • Limapuluh Kota
    • Mentawai
    • Padang
    • Padang Panjang
    • Padang Pariaman
    • Pariaman
    • Pasaman
    • Pasaman Barat
    • Payakumbuh
    • Pesisir Selatan
    • Sawahlunto
    • Sijunjung
    • Solok Selatan
    • Tanah Datar
  • Opini
  • Pendidikan
  • Hiburan
  • Webtorial
  • Lainnya
    • Entrepreneur
    • Pariwisata

Copyright © 2022 HarianHaluan.id