Anggota DPRD Sumbar, Arkadius Buka Pelatihan Relawan Tangguh Bencana

HARIANHALUAN.id – Anggota FPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Demokrat Arkadius Dt Intan Bano mendukung terwujudnya program Sumbar tangguh bencana.

Dalam merealisasikannya, melalui anggaran pokok-pokok pikiran DPRD pihaknya, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat, ia menyelenggarakan pelatihan aparatur dan relawan penanggulangan bencana di Padang, Rabu (10/08/2022).

Arkadius saat membuka agenda pelatihan yang diikuti sekitar 100 aparatur dan relawan bencana tersebut mengatakan bahwa Sumatera Barat familiar dengan bencana.

“Semua bentuk dan potensi bencana alam itu ada di Sumbar, yaitu berupa gempa bumi, tsunami, banjir, longsor dan bencana lainnya. Beberapa tahun lalu di Sumbar pakar-pakar menyebutkan daerah kita rentan dengan mega thrus. Kita sama-sama berdoa, selagi iman dan ketakwaan manusianya baik, Allah akan hilangkan atau tangguhkan terjadinya bencana itu,” kata Arkadius politisi asal Tanah Datar ini.

Ia juga memaparkan bermacam terkait tentang kebencanaan, pola dan manajemen bencana serta langkah-langkah strategis pemerintah sebelum terjadinya bencana, saat bencana, masa tanggap darurat dan pasca bencana sehingga kemungkinan kerugian atau korban pada masyarakat terdampak dapat diminimalisir.

“Mari ikuti pelatihan ini dengan maksimal, terus tingkatkan SDM dan kapasitas sebagai relawan bencana, kita berharap bencana itu tidak terjadi, namun bila terjadi, para relawan bisa berperan di tengah masyarakat yang terdampak,” kata Arkadius saat membuka acara pelatihan itu, didampingi Kepala Bidang Pencegahanan dan kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumatera Barat Fajar Sukma dan Kalaksa BPBD Tanah Datar Yusnen. (*)

Exit mobile version