860 Orang Ikuti Iven Pariaman Berlari 2022

Pariaman Berlari

Wakil Gubernur Sumbar, Wali Kota Bogor, Wali Kota Pariaman dan ratusan runners bersiap star pada kegiatan Pariaman Berlari 2022 di Pantai Kata Pariaman, Minggu (18/9/2022). IST

HARIANHALUAN.ID – Sebanyak 860 orang ikut Pariaman Berlari 2022, Minggu (18/9/2022). Iven ini berdampak langsung pada pariwisata dan perekonomian masyarakat di darah itu.

Dimana kegiatan Pariaman Belari ini dilaksanakan langsung oleh Komunitas Pariaman Berlari dengan star dan finis di Pantai Kata Pariaman, serta melewati sejumlah objek wisata yang ada di Pariaman.

“Ada dua hal yang sangat penting dari kegiatan Pariaman Berlari 2022 ini bagi Kota Pariaman, yaitu pertama ikut mendukung pariwisata di Kota Pariaman dan yang kedua ikut mensupport kegiatan olahraga kita, sehingga gabungan keduanya menjadi kegiatan sport tourisemnya Kota Pariaman,” kata Walikota Pariaman, Genius Umar di Pariaman.

Dengan acara seperti ini, pihaknya akan terus bisa meningkatkan kunjungan wisatawan datang ke Kota Pariaman dan juga komunitas akan semakin berpartisipasi untuk ikut serta mengembangkan wisata Kota Pariaman melalui sport tourisem.

“Mudah-mudahan tahun depan iven Pariaman Berlari semakin banyak diminati, baik secara nasional ataupun international, dan persiapan serta pengemasan acara ini akan semakin lebih baik dari sebelumya,” katanya.

Kegiatan ini ide Wali Kota Pariaman, Genius Umar untuk membuat kegiatan yang sama, tapi dengan track yang berbeda, yaitu dengan nama “Sand Beach Run” atau berlari di pasir pantai.

“Karena daerah ini cocok sekali untuk dijadikan sport berlari karena kondisi jalannya yang datar, kenapa tidak kita buat juga kegiatan berlari di pasir pantai Kota Pariaman, sembari melatih kaki agar lebih ringan untuk dibawa berlari, sembari memberikan terapi kesehatan kepada kita dengan cara berlari di pasir pantai, yang dibasahi oleh ombak pantai Pariaman,” katanya.

Wacana ini akan dibicarakan dahulu dengan komunitas Pariaman berlari, dikemas sedemikian rupa agar bisa diikuti oleh seluruh atlet berlari yang ada di Indonesia.

“Saya ingin, sand beach run ini bisa diselenggarakan pada Desember 2022, agar sport tourism Kota Pariaman semakin berwarna dan semakin dikenal oleh dunia luar, bahwa Kota Pariaman memang cocok dijadikan daerah tujuan wisata yang bisa mengolahragakan masyarakat dengan wisata, dan bisa memasyarakatkan olahraga dengan wisata, jadi semuanya jadi terpadu,” ujarnya.

Apa yang disampaikan oleh Genius Umar, mendapatkan support dari Anggota DPR RI, Jhon Kenedy Aziz (JKA) yang juga hadir di acara Pariaman Berlari 2022 Kota Pariaman. Bahkan, bersedia untuk ikut andil dalam menyukseskan kegiatan tersebut, karena kegiatan itu memang cocok dilaksanakan di Kota Pariaman, sebagai kota sport tourism.

“Selain bisa memberikan kesehatan kepada peserta lomba lari, mereka juga bisa menikmati pemandangan alam dan wisata Kota Pariaman di track lari yang dilalui, sekaligus bisa mempromosikan wisata Kota Pariaman ke dunia luar,” kata JKA.

Menanggapi pernyataan dari Genius Umar, Pembina Komunitas Pariaman Berlari memberi tanggapan. Pada dasarnya, Mulyadi sangat menyetujui apa yang menjadi keinginan Pemerintah Kota Pariaman tersebut, akan tetapi hal itu perlu pembicaraan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait.

“Untuk saat ini, kita akan benahi dahulu kekurangan-kekurangan kita dalam acara Pariaman Berlari, agar nantinya jika sand beach run jadi juga digelar, itu semua sudah melalui persiapan yang matang, dan kita juga akan melibatkan komunitas-komunitas lainnya supaya iven tersebut bisa mempunyai kesan bagi pesertanya dan mereka ingin mengikuti kembali ditahun berikutnya,” kata Mulyadi. (*)

Exit mobile version