Percepat Pembangunan Daerah, Pemkab Sijunjung Jalin Kerja Sama dengan PT Semen Padang

HARIANHALUAN.ID – Percepat pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung melakukan penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Semen Padang, Senin (26/9/2022) di Wisma Indarung Padang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menjelaskan bahwa tujuan kesepakatan bersama tersebut sebagai landasan bagi para pihak dalam melaksanakan percepatan pembangunan daerah, pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan sosial budaya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sijunjung mempunyai potensi batu kapur dengan kalsium 99.80 persen. Untuk itu, kami berharap PT Semen Padang bisa melirik Sijunjung sebagai pengembangan sayap untuk berinvestasi,” ucapnya.

Selain itu, menurutnya, percepatan pembangunan daerah untuk Sijunjung pihaknya mempunyai permintaan khusus sesuai dengan kondisi daerah, dimana Kabupaten Sijunjung mempunyai sungai yang banyak dan kondisi jembatan yang memerlukan bantuan. Untuk itu, pihaknya berharap bantuan dari PT Semen Padang melalui CSR untuk dapat memberikan bantuan jembatan dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Sijunjung.

“Kami berharap momen ini bisa menjalin silaturahmi dan semoga perusahaan Semen Padang bisa menjadi kebanggaan masyarakat Sumbar. Mari kita saling membantu untuk memajukan daerah, mudah-mudahan kesepahaman ini bisa segera ditindaklanjuti dan bisa segera dilaksanakan agar bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Benny.

Sementara itu, Direktur Utama PT Semen Padang, Asri Mukhtar mengatakan bahwa kehadiran gubernur dan bupati se-Sumatra Barat ke Semen Padang adalah yang pertama kali dilakukan.

Asri menuturkan, Semen Padang yang berdiri semenjak Tahun 1910 dahulunya pernah hampir bangkrut, namun berkat bantuan dari bupati se-Sumbar, Alhamdulillah masih bisa berdiri sampai saat ini.

“Oleh karena itu, kami kedepannya mencoba meningkatkan sinergi dengan bupati sekalian, dalam rangka peningkatan perekonomian di daerah,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa ruang lingkup kesepahaman tersebut yaitu penggunaan barang dan jasa produksi Semen padang di daerah untuk pembangunan daerah, kegiatan pelestarian lingkungan dan sosial budaya.

“Untuk itu, kami butuh dukungan dan support dari bapak bupati semua yang bisa menyediakan layanan dalam percepatan pembangunan daerah di Sumbar, kami mohon dukungan dari bapak semua, semoga niat baik ini dapat dilaksanakan dengan waktu yang tidak lama,” tuturnya.

Selain Bupati Sijunjung, MoU tersebut juga dilakukan oleh 11 Orang Bupati se-Sumatra Barat, yaitu Pasaman Barat, Pasaman, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Pj. Bupati Mentawai, Dharmasraya, Tanah Datar, Agam, Lima Puluh Kota dan Padang Pariaman, serta disaksikan Gubernur Sumbar diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Wardarusmen. (*)

Exit mobile version