Rendahnya Pengelolaan dan Pengembangan, PDAM Tirta Saribu Sungai Jalin Kerja Sama dengan Perumda Air Minum Padang

PDAM Tirta Saribu Sungai

Penandatanganan oleh kedua belah pihak yang disaksikan langsung Bupati Solok Selatan, Khairunas atas kerja sama yang dilaksanakan di Aula Sarantau Sasurambi, Solok Selatan, Rabu (26/10/2022). Kiki Nofrijum

HARIANHALUAN.ID – Rendahnya pengelolaan dan pengembangan PDAM di Kabupaten Solok Selatan, PDAM Tirta Saribu Sungai menjalin kerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda Air Minum) Kota Padang.

Adapun kerja sama tersebut terkait upaya peningkatan pengelolaan dan pengembangan PDAM di Kabupaten Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Solok Selatan sangat mendukung dan berkomitmen dengan kerja sama tersebut. Apalagi hal ini juga menjadikan Pemda Solok Selatan dan PDAM Tirta Saribu Sungai untuk terus berbenah guna meningkatkan pelayanan air bersih yang layak.

“Padahal Solok Selatan lebih banyak produknya (sungai) daripada daerah lain. Namun kami terkendala dengan SDM-nya. Kami menyadari upaya untuk peningkatan ini masih rendah. Makanya dari kerja sama ini kami berkomitmen untuk memaksimalkan pelayanan air bersih secara merata di Kabupaten Solok Selatan yang dijuluki dengan Seribu Sungai ini,” katanya.

Untuk itu, lanjut Khairunas, melalui kerja sama tersebut ia meminta kepada PDAM Tirta Saribu Sungai untuk dapat menyerap dan mendalami upaya-upaya yang mampu untuk meningkatkan pengelolaan dan pengembangan PDAM untuk Solok Selatan.

“Ini harus terus dibenahi. Lalu atas nama Pemkab Solok Selatan kami juga meminta agar jangan terus bergantung pada anggaran daerah, provinsi maupun pusat saja. Tapi hadirkanlah suatu gebrakan atau inovasi-inovasi untuk memberikan pelayanan air bersih hingga di setiap nagari sekalipun,” ujarnya mengharapkan.

Sementara itu, Direktur Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Fedrizal juga menyampaikan bahwa masih ada tiga dari tujuh kecamatan di Solok Selatan yang belum mendapatkan pelayanan PDAM. Sehingga untuk cakupan layanan PDAM di Solok Selatan hanya mencapai angka 40 persen.

“Inilah yang kita tunggu komitmen dari pemerintah daerah untuk mewujudkan air bersih bagi masyarakatnya. Apalagi di Solok Selatan sendiri, masih banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk PDAM ini, dimana daerah ini memiliki banyak sungai yang tentunya bisa dikelola secara optimal,” katanya.

Kedepannya, melalui kerja sama dengan PDAM Tirta Saribu Sungai Solok Selatan ini, akan dapat mewujudkan dan memberikan pelayanan air bersih yang layak yang bermutu dan berkualitas hingga menyentuh ke seluruh kecamatannya.

Lebih lanjut Direktur PDAM Tirta Seribu Sungai, Syamsuar Syafruddin juga mengatakan, adanya kerja sama ini akan dapat meningkatkan pengelolaan dan pengembangan air bersih bagi masyarakat. (*)

Exit mobile version