Unit BM Satlantas Polresta Padang dan Dishub Razia TNKB

Razia TNKB

Kasubnit BM Ipda Muhammad Fajri menunjukkan TNKB yang telah dimodifikasi saat menggelar razia di perbatasan antara Padang-Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (5/4/2022). IST

HALUANNEWS, PADANG – Satuan unit Brigadir Motor (BM) Satlantas Polresta Padang bersama Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar razia pelat nomor kendaraan di perbatasan Padang-Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Razia ini dilakukan dikarenakan banyaknya laporan masyarakat tentang pengendara yang kerap memodifikasi tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat nomor.

“Dari laporan itu, kami langsung menindaklanjuti, dengan menurunkan personel BM Satlantas Polresta Padang bersama Dishub Padang melakukan razia,” kata Kasat Lantas Polresta Pasang, AKP Alfin didampingi Kasubnit BM Ipda Muhammad Fajri, Selasa (5/4/2022).

Ia mengatakan, di lokasi ini setiap kendaraan yang masuk ke Kota Padang atau ke meninggalkan Padang diberhentikan dan memeriksa kelengkapan kendaraan. Kemudian jika mendapati pelat nomor tidak sesuai peruntukkannya langsung ditilang.

“Penggunaan pelat nomor modifikasi ini telah melanggar, karena tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan Pasal 67 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dimana kendaraan bermotor wajib menggunakan TNKB yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna dan cara pemasangan. Hukumannya dikenakan kurungan dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu,” tuturnya. (*)

Exit mobile version